Pengelola Tirto Arum Kendal: Jika Ingin Berwisata, Pastikan Dalam Keadaan Sehat

Petugas mengecek suhu tubuh pengunjung yang akan ke Agro Wisata Tirto Arum Kendal, Minggu (15/11/2020).

 

HALO KENDAL – Penerapan protokol kesehatan di sejumlah objek pariwisata di wilayah Kabupaten Kendal, terus digalakkan. Hal ini bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19, terutama di tempat wisata.

Seperti yang dilakukan oleh pengelola objek wisata Tirto Arum Baru, yang berlokasi di Jalan Soekarno – Hatta Kendal.

Menurut pengelola, Sri Sarwo Utomo, dalam rangka mendukung program pemerintah, prosedur standar seperti pengukuran suhu tubuh, penyediaan tempat cuci tangan/hand sanitizer di berbagai tempat, penggunaan masker, dan pembersihan dengan disinfektan secara berkala telah dilakukan.

“Kami juga melakukan transaksi non tunai, untuk menghindari kontak langsung dengan pengunjung,” ungkapnya, Minggu (15/11/2020).

Selain itu, imbauan terkait protokol kesehatan sudah dipasang di beberapa titik, dan disosialisasikan secara berkala melalui pengeras suara di lapangan.

“Selain itu, Tirto Arum Baru Kendal juga menyiapkan pusat informasi, yang selalu mengingatkan kepada para pengunjung untuk menatati protokol kesehatan dan tidak berkerumun serta saling menjaga jarak fisik,” terang Utomo.

Bagi dirinya, pengelola wajib memperhatikan beberapa hal seperti pembatasan jumlah pengunjung, baik secara umum maupun di tempat dan fasilitas tertentu.

“Jarak antarpengunjung, jam operasional, lebih mengoptimalkan ruang terbuka dan penggunaan pembatas atau partisi di beberapa lokasi, kami terapkan sesuai protokol kesehatan,” jelasnya.

Dalam kesempatan, Utomo pun mengimbau kepada para pengunjung yang ingin mendatangi lokasi pariwisata, agar memastikan dulu dalam keadaan sehat.

“Apabila sakit, lebih baik di rumah saja, istirahat yang cukup dan pastikan tubuh fit sebelum memutuskan keluar rumah,” ujarnya.

Menurut pengakuan salah satu pengunjung, Kusnadi, asal Tuban, Jawa Timur, dia bersama keluarga mengunjungi Tirto Arum Baru untuk yang kedua kalinya karena ada hajatan saudaranya selama dua hari di Kendal.

Menurutnya, protokol kesehatan yang diterapkan ini bagus dan membuat rasa aman bagi pengunjung.

“Kami saat masuk tadi diperiksa suhu tubuh oleh petugas di pintu masuk. Kemudian saat di loket disediakan tempat cuci tangan lengkap dengan sabun dan pembayarannya non tunai. Terus terang kami merasa aman berkunjung di sini,” ungkapnya.(HS-EI)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.