in

Pengasuh PP Darul Amanah Terima Penghargaan Lencana Pancawarsa VI Dalam HUT Ke-60 Gerakan Pramuka

Upacara HUT Ke 60 Gerakan Pramuka di Pendopo Tumenggung Bahurekso Kendal, Sabtu (14/8/2021).

 

HALO KENDAL – Delapan anggota Gerakan Pramuka Kabupaten Kendal dianugerahi Lencana Pancawarsa pada peringatan HUT ke-60 Gerakan Pramuka tahun 2021 tingkat Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Kendal.

Penganugerahan diberikan oleh Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Provinsi Jawa Tengah.

Penyematan lencana dilakukan langsung oleh Bupati Kendal, Dico M Ganinduto selaku pembina upacara peringatan HUT ke-60 Gerakan Pramuka tahun 2021 tingkat Kwarcab Kabupaten Kendal, di Pendopo Tumenggung Bahurekso, Sabtu (14/8/2021).

Anugerah tersebut di antaranya diberikan kepada pimpinan dan pengasuh Pondok Pesantren Darul Amanah, KH Mas’ud Abdul Qodir. Dirinya mendapatkan Penghargaan Lencana Pancawarsa VI dari Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

Lencana Pancawarsa diberikan kepada anggota dewasa Gerakan Pramuka, sebagai penghargaan atas kesetiaannya kepada organisasi dan keaktifannya dalam melakukan kegiatan selama lima tahun atau kelipatannya secara terus-menerus.

Lencana Pancawarsa terdiri atas, Lencana Pancawarsa I untuk masa bakti 5 tahun, Lencana Pancawarsa II untuk masa bakti 10 tahun, kemudian Lencana Pancawarsa III untuk masa bakti 15 tahun.

Selanjutnya, Lencana Pancawarsa IV untuk masa bakti 20 tahun, Lencana Pancawarsa V untuk masa bakti 25 tahun, Lencana Pancawarsa VI untuk masa bakti 30 tahun dan Lencana Pancawarsa VII untuk masa bakti 35 tahun.

Sedangkan Lencana Pancawarsa VIII untuk masa bakti 40 tahun, Lencana Pancawarsa IX untuk masa bakti 45 tahun dan Lencana Pancawarsa UTAMA untuk masa bakti 50 tahun atau lebih.

Bupati Kendal, Dico M Ganinduto mengatakan, dengan penghargaan ini bisa menjadi penyemangat bagi anggota dewasa Gerakan Pramuka untuk terus mengabdikan diri dalam kepramukaan.

Disampaikan, bahwa Gerakan Pramuka adalah sebuah gerakan yang banyak membantu terutama dalam situasi pandemi Covid-19.

Lebih lanjut, Dico berharap agar Gerakan Pramuka tetap bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Kendal demi memberikan manfaat nyata di tengah masyarakat.

“Dalam momen Hari Ulang Tahun ke-60 Gerakan Pramuka ini, saya berharap agar Gerakan Pramuka terus memberikan manfaat nyata di tengah masyarakat,” ungkap Dico.(HS)

Share This

Kendal Sumbang Ekspor Pala, Biji Kopi dan Porang Dalam Merdeka Ekspor 2021

Jajal PPLP Jateng, PSIS Mulai Mencoba Stadion Jatidiri