in

Pengaruhi Berbagai Sektor, Kebijakan Penanganan Covid-19 Dilakukan Melalui Pertimbangan Matang

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito (Foto : Covid19.go.id)

 

HALO SEMARANG – Pemerintah Indonesia terus memantau perkembangan pandemi di berbagai negara. Hal ini sebagai dasar dalam menentukan kebijakan, agar tepat sasaran.

Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Profesor Wiku Adisasmito, menjelaskan saat ini beberapa negara yang sedang mengalami krisis dalam penanganan Pandemi Covid-19, dengan indikasi peningkatan kasus yang signifikan.

Beberapa negara menerapkan kebijakan khusus berupa lockdown atau kebijakan lainnya, seperti perpanjangan durasi karantina. Semua itu demi menekan penularan semaksimal mungkin.

Dinamika penanganan Covid-19 di berbagai negara itu, juga terus dipantau oleh Pemerintah Indonesia. Adapun hasilnya digunakan sebagai basis dalam menyusun kebijakan di tingkat Nasional.

“Pada prinsipnya, berbagai kebijakan yang ditetapkan selalu mempertimbangkan berbagai aspek, demi kesehatan dan keselamatan masyarakat,” jelas Prof Wiku, seperti dirilis Covid19.go.id.

Pemerintah Indonesia saat ini juga sedang melakukan pengendalian kasus nasional pascalibur Idul Fitri. Oleh karena itu, untuk memastikan kasus di tingkat nasional dapat terkendali dengan baik, maka pemerintah juga terus mengantisipasi kenaikan kasus akibat importasi kasus yang berasal dari pelaku perjalanan internasional.

Untuk itu, pemerintah berupaya keras menetapkan kebijakan yang paling efektif dan efisien.

Satgas juga menekankan, kondisi Covid-19 yang cukup terkendali akhir-akhir perlu dipertahankan. Tentunya upaya ini membutuhkan kolaborasi dan kerja keras dari berbagai pihak sehingga terus membaik.

“Apapun keputusan resmi yang akan diambil pemerintah nantinya, telah melalui analisis risiko dan cost-benefit yang tepat, dengan mempertimbangkan perkembangan Covid-19 yang sangat dinamis,” kata Profesor Wiku. (HS-08)

Share This

Personel Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu Polres Purbalingga  Dilatih Tangani Kecelakaan

Pastikan Prokes Diterapkan, Polres Brebes Datangi Keramaian dan Tegur Warga Tak Bermasker