Pengamanan Libur Panjang, Polda Jateng Perketat Protokol Kesehatan

Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Lutfie saat memberi arahan kepada jajarannya terkait pengamanan libur panjang.

 

HALO SEMARANG – Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi memerintahkan kepada seluruh kapolres untuk bekerja sama dengan TNI, pemerintah daerah, dan gugus tugas untuk membentuk unit kecil lengkap guna antisipasi penyebaran Covid-19 selama libur panjang dan cuti bersama 28 Oktober hingga 1 November 2020.

“Dalam rangka adaptasi kehidupan baru, Polri akan menggunakan pola preventif dengan mendidik masyarakat agar terbiasa mematuhi protokol kesehatan menggunakan masker, jaga jarak, dan cuci tangan,” ujarnya.

Kapolda menambahkan, jajarannya akan memantau pengunjung objek wisata agar mematuhi protokol kesehatan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19.

“Jadi objek wisata akan kami pantau dengan protokol kesehatan ketat. Demikian pula kalau biasanya pengunjung ke objek wisata bisa 1.000 orang maka kami batasi menjadi 500 orang,” katanya.

Tidak hanya itu, lanjutnya, di rest area tol yang tersebar di wilayah Jateng juga dilakukan pengecekan suhu tubuh dan rapid tes kepada pengguna jalan tol yang beristirahat di rest area.

“Kita bekerja sama dengan gugus tugas melakukan rapid tes dan pembatasan kapasitas rest area sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19,” tuturnya.

Kapolda meminta seluruh kepala satuan wilayah (kasatwil) jajaran Polda Jateng agar mengamankan kondisi personel dari penyebaran Covid-19 sebelum menjalankan  tugas.

“Seluruh anggota yang melaksanakan pengamanan arus mudik libur panjang dan cuti bersama, saya minta menggunakan alat pelindung diri dan mematuhi protokol kesehatan terlebih dahulu dalam melaksanakan tugas di lapangan,” katanya.

Dalam pengamanan libur panjang dan cuti bersama kali ini, Polda Jateng telah mengerahkan sebanyak  1.700 personel.

“Sebanyak 1.700 personel itu disebar diseluruh wilayah Jateng, mulai dari Brebes sampai Rembang dengan 4 pos yang digelar yaitu Brexit Brebes, Kalikangkung, Banyumas, Rembang, yang terakhir wilayah Brebes yang paling utara,” ujarnya.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.