in

Pengabdian Masyarakat Daring, USM Sampaikan Pemanfaatan Rempah-Rempah

Tangkapan layar pengabdian masyarakat secara online yang digelar Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknologi Hasil Pertanian (Himateta) Universitas Semarang (USM).

 

HALO SEMARANG – Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknologi Hasil Pertanian (Himateta) Universitas Semarang (USM) menggelar pengabdian masyarakat secara online bertajuk “Pemanfaatan Rempah-Rempah Untuk Menjaga Imunitas Tubuh Di Masa Pandemi,” belum lama ini.

Pembina Organisasi Mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian USM, C Hari Wibowo, SPt, MP mengatakan, pengabdian masyarakat ini bertujuan membentuk kepribadian mahasiswa yang memiliki jiwa kepedulian terhadap sesama.

“Mengimplementasikan pengetahuan yang dimiliki mahasiswa khususnya pengetahuan di bidang teknologi hasil pertanian serta berperan aktif dalam kehidupan masyarakat,” katanya.

Ia menyebut, sebelumnya pengabdian masyarakat dilakukan terjun langsung di lapangan. Pada kesempatan ini, tujuan bagi masyarakat sendiri yaitu menambah pemahaman mengenai pemanfaatan rempah-rempah di masa pandemi dan cara pengolahannya.

“Karena kondisi yang tidak memungkinkan pengabdian masyarakat kali ini dilaksanakan secara online. Meski demikian, acara ini sangat bagus diikuti karena materi dan tema yang dipilih sangat menarik dan bermanfaat,” tuturnya.

Sementara sebagai pembicara Dr Ir Rohadi, MP selaku dosen dari Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Semarang dan Anita Rahayu yang merupakan Duta Jamu Aman Jawa Tengah 2021.

Rohadi membahas tentang rempah-rempah untuk mempertahankan, dan meningkatkan imunitas serta penyembuhan penyakit.

“Secara langsung peserta diberi tayangan video memasak dengan sejumlah olahan rempah-rempah pilihan. Adapun produk olahan tersebut yaitu soft ginger cookies, semprit kayu manis, dan jamu kunyit asem,” kata Rohadi.

Sebagai nara sumber kedua, Anita menjelaskan pemilihan obat tradisional yang disesuaikan dengan kebutuhan tubuh.

“Kiat cerdas memilih dan menggunakan obat tradisional aman, meliputi apa saja larangan obat tradisional, cara memilih obat tradisional, dan cara mengonsumsi obat tradisional,” katanya kepada 165 peserta.(HS)

Share This

Manajemen Puas dengan Kinerja Keuangan PT Dafam Property Indonesia Tbk Semester I Tahun 2021

Bupati Cilacap Ajak Wisudawan Pascasarjana Unsoed untuk Berwirausaha