Halo Semarang
Take a fresh look at your lifestyle.

Penetapan Pimpinan DPRD Kota Semarang Masih Tunggu Rekomendasi Partai

Anggota DPRD Kota Semarang periode 2019-2024.

 

HALO SEMARANG – Meski sudah dilantik sejak beberapa pekan lalu, hingga kini DPRD Kota Semarang belum menetapkan Pimpinan DPRD Kota Semarang periode 2019-2024 secara definitif. Pimpinan DPRD Sementara sudah melayangkan surat resmi ke pimpinan cabang partai politik yang memiliki jabatan pada posisi pimpinan, namun hingga sekarang belum semua partai merekomendasikan nama calon.

Kabag Humas Sekretariat DPRD Kota Semarang, Purnomo Dwi Sasongko mengatakan, saat ini Sekretaris DPRD Kota masih menunggu pengajuan nama dari partai politik, sebelum nanti ditetapkan nama-nama pimpinan DPRD. “Pimpinan sementara sudah mengirimkan surat ke partai politik. Sekarang tinggal menunggu surat balasan. Jika sudah ada nama usulan, akan segera ditetapkan,” katanya, Rabu (11/9/2019).

Purnomo menambahkan, paling cepat penetapan pimpinan DPRD definitif akan dilaksanakan pekan depan. “Jika surat rekomendasi sudah turun semua, akan ditetapkan dalam rapat paripurna sekaligus pelantikan pimpinan,” tegasnya.

Sebagai informasi, PDIP Sebagai partai pemenang Pemilu 2019, sudah dipastikan akan menduduki kursi Ketua DPRD Kota Semarang. Sementara untuk kursi wakil ketua akan diduduki oleh tiga partai lain, yakni Partai Gerindra, PKS, dan Partai Demokrat.

Namun demikian, hingga saat ini nama-nama yang bakal mengemban jabatan tersebut belum jelas, meski beberapa nama dari masing-masing partai tersebut sudah mulai muncul.

Saat dikonfirmasi, Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kota Semarang, Kadarlusman mengatakan, rekomendasi pimpinan dewan akan diumumkan dalam waktu dekat.

“Untuk rekomendasi di Jateng akan diserahkan secara serentak melalui DPD PDIP Jateng untuk 35 Kabupaten/Kota,” Katanya, Selasa (10/9/2019).

Sementara saat ditanya siapa nama terkuat yang akan mendapatkan rekomendasi, Pilus sapaan akrab Kadarlusman belum berani memastikan.

“Belum dapat dipastikan. Besok kami pastikan siapa yang mendapat rekomendasi,” ungkapnya.

Terpisah, Ketua DPC Partai Gerindra Kota Semarang Sigit Ibnugroho mengatakan, DPC Partai Gerindra memberikan rekomendasi kepada anggota DPRD Kota Semarang yang memperoleh suara terbanyak.

“Rekomendasi dijatuhkan pada anggota dewan yang memiliki suara terbanyak, SK sudah turun, sepertinya Pak Mualim, karena dalam Pileg kemarin kan dia yang mendapat suara terbanyak, disusul dengan Pak Joko Santoso,” ungkapnya.

Disisi lain, Ketua DPD PKS Kota Semarang, Suharsono mengungkapkan, pihaknya saat ini masih menunggu rekomendasi dari DPW PKS Jawa Tengah.

“Mekanisme memang ditentukan oleh DPW untuk menentukan siapa yang akan mengisi pimpinan dewan. Saat ini belum keluar, pekan ini diharapkan rekomendasi dari DPW turun,” ungkapnya.

Senada, Ketua DPC Partai Demokrat Kota Semarang, Wahyoe ‘Liluk’ Winarto mengatakan, pekan lalu pihaknya sudah mengajukan rekomendasi nama calon pimpinan DPRD Kota Semarang yang dikeluarkan oleh DPC Partai Demokrat.

“Untuk nama nanti menunggu penetapan saja. Karena informasinya masih menunggu rekomendasi dari partai lain, karena masih belum semua mengajukan nama calon pimpinan,” imbuhnya.(HS)

bawah-berita-dprd-semarang