Penelitian Selesai, Situs Boto Tumpang Diurug Kembali

Proses penelitian situs kuno di Dusun Boto Tumpang, Desa Karangsari, Rowosari, Minggu (25/4/2021).

 

HALO KENDAL – Situs Boto Tumpang yang ditemukan di permukiman Dusun Boto Tumpang, Desa Karangsari, Kecamaan Rowosari, mulai hari ini, Minggu (25/4/2021) diurug kembali.

Menurut anggota tim penelitian, Agus Tri Hastaryo mengatakan, setelah selesai dilakukan penelitian selama 20 hari, situs akan diurug dengan teknik khusus agar tidak rusak.

“Yakni dengan menutup candi tersebut dengan menggunakan karung sak, kemudian ditumpang bata sisa penggalian. Baru ditimbun tanah hasil galian sebelumnya,” terangnya.

- Advertisement -

Dikatakan oleh Agus, timnya telah bekerja selama dua puluh hari melakukan penelitian situs kuno tersebut. Selanjutnya hasil dari penelitian akan disimpulkan dengan hasil laboratorium yang dilakukan oleh tim peneliti.

“Rencananya, tahun 2022 nanti akan kembali dilakukan penggalian untuk penelitian di sisi selatan,” ujarnya.

Diungkapkan, dalam penggalian di candi utama, baru seperempat dilakukan penggalian dan penelitian. Dalam proses ini sudah ditemukan dua sektor candi dan sektor pagar yang diperkirakan dulunya sebagai rumah tinggal biksu.

“Sehingga tim sudah mendapatkan dua sektor. Yakni sektor candi dan pendapa. Nantinya akan memberikan rekomendasi bagi pemerintah daerah melelui Dinas Kebudayaan maupun Pariwisata. Selain itu juga merekomendasikan ke Balai Besar Perlindungan Cagar Budaya Jawa Tengah,” jelas Agus.

Menurutnya, proses penutupan dilakukan selama dua hari. Saat ini dua sektor sudah dilakukan pengurugan kembali.

“Sementara di sektor candi masih dilakukan gambar sket. Setelah selesai diperkirakan besok pagi akan diurug kembali,” pungkas Agus.(HS)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.