in

Pendekatan Persuasif Polres Grobogan Efektif Ajak Masyarakat Cegah Covid-19

Personel Polres Grobogan menggelar patroli protokol kesehatan dan membagikan masker di Terminal Induk Purwodadi, Rabu (13/10). (Foto : Humas.polri.go.id)

 

HALO GROBOGAN – Upaya pendekatan secara persuasif untuk menegakkan aturan protokol kesehatan dan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), efektif untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat, sekaligus mengajak mereka untuk bersama-sama mencegah penyebaran Covid-19.

Hal itu disampaikan Kasi Humas Iptu Umbarwati, terkait dengan berbagai upaya Polres Grobogan, dalam mengajak masyarakat untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan.

“Melalui tindakan persuasif dan humanis, tentu masyarakat akan lebih memahami aturan-aturan tentang PPKM Level 3 dan prokes, yang disampaikan para petugas,” kata Iptu Umbarwati.

Kegiatan serupa antara lain dilaksanakan Kompi IV dipimpin Kasat Lantas AKP Sri Martini, dengan menggelar patroli protokol kesehatan di Terminal Induk Purwodadi, Rabu (13/10).

“Kami membagikan masker di area Terminal. Seperti kepada para pemilik warung dan kios, para calon penumpang angkutan umum, serta pengguna jalan,” kata Iptu Umbarwati.

Selain membagikan masker, para petugas juga mengimbau kepada warga untuk disiplin protokol kesehatan. Salah satunya selalu memakai masker ketika beraktivitas di luar rumah.

Vaksinasi

Sementara itu, Pemkab Grobogan juga menggelar vaksinasi Covid-19. Daerah dengan penduduk 1,5 juta jiwa ini, cakupan vaksinasinya masih rendah.

Bupati Grobogan, Sri Sumarni mengatakan untuk vaksinasi dosis pertama baru mencapai 36,96 persen dan dosis kedua 15,69 persen.

“Kalau mau mengejar target 50 persen masih jauh. Soalnya penduduk kami di sini hampir 1,5 juta,” jelas dia.

Dia juga mengatakan rendahnya cakupan vaksinasi ini, karena Grobogan termasuk daerah yang tak banyak menerima jatah vaksin covid-19.

“Makanya saya selalu minta diperhatikan. Kalau pembagiannya tidak proporsional, kita akan ketinggalan terus,” ungkapnya.

Menurut dia, warga Grobogan sudah antusias menunggu giliran vaksin.

“Vaksin apa saja saya terima. Masyarakat Grobogan tidak menolak karena sangat antusias dan orangnya baik-baik,” kata dia. (HS-08)

Share This

Polres Brebes Edukasi Prokes ke Pedagang Pasar Induk

Umrah Mendapat Lampu Hijau, Masyarakat Dimohon Tunggu Kepastian Keberangkatan