Pendataan Penduduk 2021, Wabup: Masyarakat Berikan Data yang Valid dan Benar

Wabup Kendal, Windu Suko Basuki menerima kunjungan DP2KBP2PA Kendal untuk pendataan di rumah dinas, Kamis (1/4/2021).

 

HALO KENDAL – Wakil Bupati Kendal, Windu Suko Basuki menerima kunjungan tim pendataan penduduk tahun 2021, yang dilakukan oleh Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP2PA) Kabupaten Kendal.

Pendataan pertama dilakukan kepada keluarga Wakil Bupati di Rumah Dinas Wakil Bupati Kendal, juga dihadiri Kepala DP2KBP2PA Kendal, Asrifah, Plt Camat Kendal, dan perwakilan Kader Pendata, Kamis (1/4/2021).

Wakil Bupati menegaskan, pentingnya kegiatan pendataan penduduk 2021 ini, yang bertujuan untuk perencanaan dan berpengaruh pada keberhasilan pembangunan di Kabupaten Kendal.

Windu Suko Basuki yang akrab disapa Pakde Bas berharap, kegiatan pendataan penduduk 2021 dapat berjalan dengan lancar, seluruh keluarga di Kabupaten Kendal dapat terdata, dan data yang dihasilkan merupakan data yang valid.

Hal tersebut bertujuan untuk penyusunan kebijakan pembangunan baik tingkat daerah maupun nasional.

“Saya berharap dukungan dan partisipasi masyarakat dalam menyukseskan kegiatan pendataan ini dengan memberikan data yang benar saat didata oleh kader pendata,” ungkap Pakde Bas.

Selanjutnya, dirinya juga berpesan kepada para kader pendata untuk melaksanakan tugasnya dengan baik dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Kepada para kader pendata, selamat menjalankan tugas, semoga senantiasa diberi kemudahan dan kelancaran. Jangan lupa untuk tetap patuh terhadap protokol kesehatan dengan menjaga jarak, memakai masker, dan mencuci tangan,” tutup Pakde Bas.

Kepala DP2KBP2PA Kendal, Asrifah mengatakan, kegiatan pendataan penduduk ini merupakan kegiatan rutin setiap lima tahun sekali yang dilaksanakan oleh pihaknya.

Dijelaskan, dalam pelaksanaan di lapangan, DP2KBP2PA nantinya akan dibantu oleh Kader Pendata.

“Pendataan penduduk yang dilaksanakan merupakan update data jumlah penduduk dengan metode statistik yang sangat akurat, lengkap dan mengetahui data perkembangan penduduk,” paparnya.

Pelaksanaan pendataan penduduk 2021 dapat dilaksanakan dengan dua metode yaitu pengisian formulir secara luring (wawancara) dan pengisian formulir secara daring.

“Keluarga Wakil Bupati Kendal sendiri menjadi keluarga pertama yang didata oleh kader,” jelasnya.

Asrifah juga memastikan, dalam proses pelaksanaannya nanti. Seluruh petugas lapangan akan dibekali alat pelindung diri (APD). Serta menerapkan protokol kesehatan agar tidak tertular atau menularkan virus corona.

“Mohon dukungan dan kerja samanya dari masyarkat Karawang. Karena pendataan ini penting sebagai dasar pengambilan kebijakan dalam pemerintahan,” pungkasnya.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.