in ,

Pendaftaran Peserta Didik Baru Tingkat SD di Kota Semarang akan Dibuka 18-20 Juni 2023

SD Negeri Kembangsari 02 Kota Semarang membuka pendaftaran PPDB secara offline dikarenakan kuota atau jumlah murid di sekolah tersebut belum terpenuhi.

HALO SEMARANG РTahapan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Kota Semarang tahun 2023 masih berlangsung. Dan saat ini, PPDB Kota Semarang 2023 untuk jenjang SD masih dalam tahap prapendaftaran mulai 12 Р16 Juni 2023. Dilanjutkan tahapan pendaftaran akan dibuka pada 18 Р20 Juni 2023.

Terkait proses tersebut ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam perhitungan nilai pada PPDB Kota Semarang 2023, mengingat sedikit berbeda dari PPDB tahun sebelumnya.

Wakil Ketua PPDB Kota Semarang 2023, Erwan Rachmat mengatakan, perhitungan nilai untuk calon siswa SD mengalami sedikit perbedaan. Tahun sebelumnya, nilai ijazah TK tidak masuk bobot nilai. Pada PPDB 2023, mereka yang bersekolah satu tahun di TK dan dinyatakan lulus oleh satuan pendidikan TK, akan mendapat nilai 1. Ini berlaku jika TK tersebut sudah mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) atau anak yang bersangkutan sudah memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN).

Sedangkan, siswa lulusan TK yang belum mempunyai NPSN hanya diberi bobot nilai 0,25.

“Kalau anaknya di bimbingan belajar (bimbel) tidak mendapatkan nilai karena bimbel bukan taman kanak- kanak,” paparnya, Rabu (14/6/2023).

Dia menyampaikan, anak yang mengikuti bimbel dengan konsep calistung (baca, tulis, hitung) pada anak usia dini dianggap salah. Sebab, anak usia dini tidak dituntut calistung. Anak TK lebih dilatih hubungan sosial dengan teman. Sehingga, anak yang masuk SD tidak ada syarat bisa calistung.

“Jika ada konsep bimbel anak TK agar bisa membaca itu keliru. Anak itu ya bermain. Masuk SD tidak ada syarat calistung,” ujarnya.

Erwan menyebut syarat pertama anak bisa diterima di SD adalah usia. Usia tujuh tahun hingga sembilan tahun wajib diterima. Pengecualian syarat usia paling rendah enam tahun pada 1 Juli tahun berjalan diperuntukkan bagi calon peserta didik yang memiliki kecerdasan atau bakat istimewa atau kesiapan belajar dibuktikan dengan rekomendasi tertulis dari psikolog profesional.

Setelah itu, lanjut dia, penilaian akan mempertimbangkan zonasi. Zona 1 akan mendapat nilai 50, sedangkan zona 2 nilainya 40. Selanjutnya, nilai lingkungan yakni jarak rumah calon peserta didik dengan sekolah.

“Apakah anak yang akan bersekolah di SD rumahnya berdekatan mepet sekolah atau tidak. Ini harus tertuang dalam SK lingkungan di satuan pendidikan. Ditambah nilai ijazah (TK) bagi yang masuk SD,” terangnya.

Adapun proses analisis data dan pemeringkatan siswa akan dilakukan 21 Juni 2023.

“Sedangkan, pengumuman akan dilakukan pada 22 Juni 2023 mendatang. Pendaftaran ulang online akan dilakukan pada 22 – 23 Juni 2023. Sedangkan hari pertama sekolah dilaksanakan pada 17 Juli 2023,”pungkasnya. (HS-06)

PPDB SMAN/SMKN Jateng 2023, Ganjar Tambah Kuota 7.920 Kursi

Ajak PD Muhammadiyah dan PD Aisyiyah Bersinergi Bangun Jepara