in

Pendaftaran Panwaslu Desa/Kelurahan, Bawaslu Kendal Perhatikan 30 Persen Keterpenuhan Perempuan

Para pendaftar calon Panwaslu tingkat Desa/Kelurahan di Kantor Bawaslu Kendal menjelang penutupan, Selasa (21/5/2024).

HALO KENDAL – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kendal akan menutup pendaftaran calon anggota Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Desa/Kelurahan untuk Pilkada 2024 hari Selasa ini (21/4/2024) sampai dengan pukul 17.00 WIB.

Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia, Organisasi, Pendidikan dan Pelatihan (SDMO dan Diklat) Bawaslu Kendal, Mukhamad Bahrul Amik mengatakan, saat ini pihaknya masih melakukan proses penelitian dan verifikasikasi berkas administrasi pendaftaran.

“Kebutuhan kami sesuai jumlah desa atau kelurahan yang ada di Kabupaten Kendal yaitu ada 286, dengan masing-masing desa atau kelurahan satu petugas Panwaslu,” ujarnya kepada awak media, Selasa (21/5/2024).

Bahrul menjelaskan, pihaknya akan melakukan perpanjangan waktu pendaftaran ketika jumlah dua kali kebutuhan tidak mencukupi.

“Misal, dalam satu desa hanya ada satu pendaftar, nah itu kami akan melakukan perpanjangan. Yang kedua jika kebutuhan tenaga pengawas dari unsur perempuan itu tidak ada maka kami juga akan melakukan perpanjangan,” jelasnya.

Bahrul menyebut, jika dalam proses perekrutan anggota Panwas Desa/Kelurahan, Bawaslu ditekan untuk memperhatikan 30 persen keterpenuhan perempuan.

“Sehingga ketika nanti tidak ada yang mendaftar dari unsur perempuan, maka kami akan melakukan perpanjangannya sampai tanggal 22- 24 Mei 2024,” katanya.

Bahrul mengungkapkan, saat ini pihaknya sedang melakukan penerimaan pendaftaran atau verifikasi berkas pendaftaran. Kemudian, setelah verifikasi berkas, akan umumkan siapa saja yang lolos dalam verifikasi

“Setelah itu akan ada tes wawancara yang akan dilakukan oleh teman-teman di kecamatan,” ungkapnya.

Bahrul menambahkan, untuk syarat batas usia pendaftaran minimal sudah mencapai umur 21 tahun. Namun, jika nanti ada perpanjangan maka ada keistimewaan atau akan ada perubahan persayaratan batasan usia.

“Kalau memang nanti ada perpanjangan, maka syarat batas usia pendaftaran bisa menjadi minimal 17 sampai 19 tahun keatas. Dan jika ada persyaratan yang belum terpenuhi saat mendaftar bisa disusulkan,” imbuhnya. (HS-06).

 

Pemprov Jateng Raih 4 Kategori Anugerah Adinata Syariah 2024

Jelang Pilkada, Kepala Kesbangpol Kendal Ingatkan Netralitas kepada Ratusan PPPK