in

Pendaftar Calon Jamaah Haji Batang Mengalami Penurunan

 

Foto : Batangkab.go.id

 

HALO BATANG – Jumlah warga Kabupaten Batang yang mendaftarkan diri sebagai calon jamaah haji, tahun ini diperkirakan bakal mengalami penurunan, karena faktor pandemi yang belum usai.

Mereka yang mendaftar pada tahun ini pun, harus makin bersabar, karena kemungkinan baru bisa berangkat ke tanah suci, 29 tahun mendatang.

“Dimungkinkan, masyarakat yang mendaftar tahun ini, akan berangkat ke Tanah Suci pada tahun 2050,” kata Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Batang, M Aqsho, Jumat (18/6), seperti dirilis Batangkab.go.id.

Dia menegaskan, sesuai Keputusan Menteri Agama Nomor 660 Tahun 2021 Tentang Pembatalan Keberangkatan Haji Tahun 1442 Hijriah atau 2021 Masehi, pihak Kantor Kemenag Batang, telah berkoordinasi dengan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) dan Kantor Urusan Agama (KUA).

“Secara umum, calon jamaah haji Batang menerima pembatalan tersebut, untuk mempertimbangkan menjaga jiwa, karena Covid-19 masih merajalela, sehingga patut mewaspadai. Semoga tahun depan calon jamaah haji Kabupaten Batang, bisa berangkat,” kata dia.

Dijelaskannya, sebanyak 717 calon jamaah haji asal Batang yang tertunda keberangkatannya ke Mekkah tahun ini, akan diutamakan untuk berangkat pada 2022, asalkan dana ibadah haji tidak diambil.

“Kami memberikan kesempatan bagi mereka yang mau mengambil. Tetapi sampai detik ini, tidak ada. Semuanya diinvestasikan untuk haji, supaya tidak terganggu dan mereka tetap menunggu hingga 2022, agar diberangkatkan,” kata dia.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh, Luthfi Hakim menerangkan diperkirakan tahun ini jumlah calon jamaah haji Kabupaten Batang, yang mendaftar mengalami penurunan.

“Ada penurunan jumlah pendaftar di masa pandemi. Biasanya calon jamaah haji itu, melihat siklus pemberangkatan jamaah haji reguler. Kalau ada pemberangkatan, semangat untuk mendaftar pasti tinggi,” kata dia.

Dia mengatakan, tahun 2020 jumlah pendaftar calon jamaah haji mencapai 1.541 orang. Setiap harinya ada 30 orang yang mendaftar, langsung ke kantor Kemenag.

Berdasarkan data terbaru, rekap pendaftaran haji tahun 2021, bulan Januari 109, Februari 82, Maret 113, April 103, dan Mei 93 orang, dan tiap harinya hanya 3-8 pendaftar.

“Kami hanya melayani calon jamaah haji yang akan melakukan pendaftaran haji. Untuk minat warga kami tidak begitu memahami, namun intinya jumlah pendaftar memang ada penurunan,” ujar dia. (HS-08)

Share This

Cegah Penyebaran Covid-19, Petugas Gabungan Serentak Semprotkan Disifektan

Warga Gelar Hajatan, 31 Orang Positif Covid-19