in

Pencegahan Covid-19 di PON XX Papua, Polri Kirim Resimen Vaksinator, BNPB 350 Ribu Masker

Anggota Resimen Vaksinator Covid-19, yang dikirim Mabes Polri dalam ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2020. (Foto : Humas.polri.go.id)

 

HALO SEMARANG – Mabes Polri memberangkatkan 100 anggota Resimen Vaksinator Covid-19 (Revaco), dalam ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2020, yang akan berlangsung 2-15 Oktober 2021.

Mereka akan bertugas sebagai tenaga medis tambahan, selama perhelatan PON di Bumi Cendrawasih itu,

“100 anggota tersebut sudah berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta. Ada yang menggunakan pesawat Garuda, Sriwijaya, dan Lion Air. Bertindak sebagai koordinator Kabagossnalmed Pusdokkes Polri, Kombes Pol Budi Heriadi,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono, Sabtu (25/9).

Argo mengatakan dengan adanya tambahan vaksinator ini, diharapkan bisa membantu percepatan pelaksanaan vaksin baik pertama maupun kedua.

“Kami berharap Resimen Vaksinator Covid-19 itu bertugas dengan sungguh-sungguh dan penuh rasa tanggung jawab. Kemudian menjaga kehormatan dan kode etik profesi baik sebagai seorang dokter ataupun sebagai anggota Polri,” ungkap Argo.

Lebih jauh mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya itu mengingatkan kepada mereka untuk selalu meningkatkan kewaspadaan terhadap segala ancaman kerawanan. Kemudian selalu bersinergi dengan TNI dan instansi lain dalam kegiatan tersebut.

“Kami juga berharap mereka dapat menjaga kedisiplinan dan mematuhi komando. Artinya jangan bertindak di luar komando. Dan yang tak kalah pentingnya adalah saling menjaga dan melindungi serta mengingatkan satu sama lain untuk keselamatan bersama,” tutup Argo.

Sementara itu sebagai upaya memperkuat pengendalian Covid-19 untuk mendukung pelaksanaan PON XX di Papua, Badan Nasional Penanggulangan Bencana juga mengirimkan 350 ribu masker.

Pengiriman ratusan ribu masker tersebut, sebagaimana dirilis BNPB, dilakukan dari Bandara Halim Perdanakusuma, dengan menggunakan pesawat Hercules dan tiba Minggu (26/9) sore ini di Mimika.

Alat pelindung tersebut kemudian akan didistribusikan di tempat-tempat penyelenggaraan, di wilayah Kabupaten Mimika. Selain 350.000 lembar masker, disiapkan pula 10.000 buah handsanitizer.

Sebanyak 2.000 masker, setiap hari akan disebar di gerai-gerai masker yang diinisiasi BNPB, sejak 1 – 15 Oktober 2021. Adapun gerai masker akan didirikan di lima venue cabang olahraga PON XX.

Disiapkan pula gerakan dua unit mobil, untuk membagikan 2.000 masker setiap hari dan menyosialisaikan protokol kesehatan. Kegiatan mobil masker dan kampanye protokol kesehatan, bertujuan menjangkau warga, agar disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Relawan yang bertugas dalam operasi pengendalian Covid-19 tersebut, juga akan terus mengingatkan para warga, agar tidak berkerumun sehingga upaya pencegahan penularan Covid-19 dapat dioptimalkan.

Selain mendukung pendisiplinan protokol kesehatan, Satgas Prokes PON juga menyiapkan 1 unit mobil rapit test PCR, di RSUD Kabupaten Mimika.

Dukungan terhadap penyelenggaraan PON XX Papua, juga diberikan BNPB dan Satgas Penanganan Covid-19 nasional. Melalui Satuan Tugas Penerapan Protokol Kesehatan PON XX Papua, akan dilibatkan sejumlah personel dari BNPB, Satgas Penanganan Covid-19, TNI, Polri, BPBD, dan unsur relawan.

Khusus untuk peningkatan kapasitas relawan, juga telah dilaksanakan Sabtu (26/9) di kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mimika.  Sebanyak 95 relawan dari berbagai organisasi masyarakat dan organisasi pemuda di Kabupaten Mimika, mendapat pembekalan terkait perubahan perilaku, protokol kesehatan (prokes), dan penggunaan aplikasi InaRISK untuk memonitor pelaporan aktivitas.

Mereka akan disebar ke berbagai titik sekitar tempat penyelenggaraan pertandingan maupun tempat-tempat keramaian.

Deputi Bidang Pencegahan BNPB Dra Prasinta Dewi MAP selaku Kepala Satuan Tugas Protokol Kesehatan (Kasatgas Prokes) PON XX Papua,  mengatakan dukungan yang diberikan BNPB ini, merupakan bentuk kepedulian negara pada masyarakat, untuk mencegah penularan Covid-19 dalam ajang PON ke XX di Provinsi Papua.

“Saya ucapkan terima kasih banyak kepada seluruh relawan, yang berpartisipasi dan turut membantu kegiatan sosialisasi dan edukasi dengan melakukan berbagai aktifitas mulai dari membuka gerai masker dan  mobil masker,” ucap Prasinta.

Dalam kesempatan yang sama, Plt. Direktur Kesiapsiagaan BNPB yang juga sebagai Kepala Bidang Sumber Daya Satgas Prokes PON XX Papua, Pangarso Suryotomo, juga menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat, mengedepankan pendekatan yang humanis dan menggunakan bahasa yang sederhana serta mudah dipahami masyarakat. (HS-08)

Share This

Pemerintah Akan Uji Coba PeduliLindungi di Pasar Tradisional, Termasuk Wonodri Semarang

Sehari, Polres Sukoharjo Suntikkan 8000 Dosis Vaksin dari Kota Hingga Desa