in

Penanganan Covid-19 di Klaten Mulai Membaik

Foto : Klatenkab.go.id

 

HALO KLATEN – Satgas Covid-19 Kabupaten Klaten, mengklaim  penanganan kasus Covid-19 di Kabupaten Klaten, pada pekan pertama Februari 2021 menunjukkan indikasi membaik.

Seperti dirilis Klatenkab.go.id, berdasarkan data Dinas Komunikasi Informatika Klaten, indikasi tersebut terlihat dari angka kesembuhan  yang lebih dominan dibandingkan angka penambahan kasus.

Tercatat dalam sepekan, total angka kesembuhan berjumlah 406, berbanding 333 kasus penambahan Covid-19, terhitung 1-7 Februari 2021.

Tren ini membalik kondisi pekan-pekan sebelumnya, di mana laju kesembuhan kasus sering tertinggal dibandingkan laju angka penambahan kasus positif Covid-19.

Peningkatan angka kesembuhan atas angka penambahan Covid-19 ini,  berkorelasi dengan komulasi angka kesakitan. Kasus pasien yang harus dirawat dan melakukan isolasi mandiri pun terlihat menurun.

Terhitung rilis Satgas PP Covid-19 Kabupaten Klaten tanggal 7 Februari 2021 mencatat jumlah pasien atau kasus isolasi mandiri berada di angka 631 kasus. Padahal awal bulan Februari 2021 angka kesakitan cukup tinggi yakni berjumlah 729 kasus di posisi tanggal 1 Februari 2021.

Permasalahan yang dihadapi saat ini adalah pentingnya menggenjot kinerja dalam meningkatkan angka kesembuhan. Angka kesakitan di posisi angka 631 membutuhkan treatment dan perlakuan khusus agar angka kematian kasus bisa ditekan.

Upaya penegakan protokol kesehatan berbasis komunitas dan keluarga sangat perlu didorong, menjadi gelombang perubahan perilaku. Penguatan peran perempuan atau ibu dalam keluarga akan sangat efektif karena pendidikan perilaku itu bermula dari keluarga. (HS-08)

Share This

Pemerintah Surakarta Gunakan Teknologi Google Untuk Tingkatkan Pendapatan Pajak

Pemkab Karanganyar Usulkan RSU Jati Husada Jadi Rujukan Pasien Covid-19