in

Penanaman 1 Juta Bibit Bakau, Polda Jateng Pecahkan Rekor MURI

Kegiatan Mageri Segoro dengan menanam 1 juta bibit bakau yang dipusatkan di Desa Bendono, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak Selasa (12/10/2021).

 

HALO DEMAK – Polda Jateng memulai melaksanakan program Mageri Segoro dengan menanam 1 juta bibit bakau yang dipusatkan di Desa Bendono, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak Selasa (12/10/2021).

Pada kegiatan itu, Polda Jateng Mageri Segoro memecahkan rekor MURI dalam penanaman mangrove dengan total jumlah 1 juta bibit bakau. Rekor sebelumnya, dipegang Polda Sumatera Utara yang menanam 280 ribu pohon bakau.

Penghargaan diserahkan langsung oleh perwakilan MURI kepada Kapolda di lokasi kegiatan penanaman bibit bakau.

Pada kesempatan tersebut, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi menjelaskan, Mageri Segoro adalah kegiatan membuat pagar hidup di daerah-daerah baik di muara sungai, maupun pantai dengan hutan mangrove.

Kegiatan tersebut, kata dia, dilakukan serentak di 16 Polres di Jawa Tengah yang memiliki daerah pesisir pantai.

“Serentak di 16 Polres, setiap Polres 50 ribu sampai 70 ribu bibit pohon bakau ditanam serentak,” tuturnya saat kegiatan, Selasa (12/10/2021).

“Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk penyelamatan wilayah pantai kita yang terkena abrasi, wilayah pantai kita dalam rangka meningkatkan ekosistem laut,” tambahnya.

Tak hanya penanaman bibit bakaue, lanjut Luthfi, tetapi juga pemberdayaan masyarakat wilayah pesisir di masa pandemi Covid-19.

“Kegiatan itu juga dikemas dengan mengadakan vaksinasi Covid-19 di setiap Polres wilayah Polda yang ada di garis pantai. Untuk wilayah Bendono 2 ribu vaksin didatangkan hari ini,” jelasnya.

Selain itu, Polda juga melakukan bakti sosial terhadap masyarakat pesisir yang terdampak pandemi. Ada 500 paket yang diberikan kepada masyarakat Bendono.

Terkait program Mageri Segoro di wilayah Bendono Polda Jateng merangkul 470 komunitas, dan Forkompinda untuk menanam pohon mangrove. Satu lokasi ditargetkan menanam 10 ribu pohon bakau.

Kapolda Jateng menuturkan kegiatan penanaman bakau melalui Polda Jateng Mageri Segoro, diharap menjadi pemantik masyarakat agar tergerak hatinya untuk melestarikan lingkungan hidup. Di samping itu juga untuk menjaga garis pantai.

Senada, Dirpolair Polda Jateng, Kombes Pol R Setijo Nugroho akan melakukan pembinaan masyarakat untuk melakukan budi daya kerang. Pembinaan ini dilakukan di setiap Polres yang terdapat satuan Polisi perairan.

“Saat ini sudah panen kerang dari hasil binaan. Hal ini dilakukan untuk membantu perekonomian masyarakat dalam mengatasi dampak Covid-19,” bebernya.

Sementara itu, Pangdam IV/Diponegoro, Mayjen TNI Rudianto menyatakan kesiapannya untuk bersinergi dalam menanam bakau di kawasan pesisir pantura. Hal itu, sudah direncanakan jauh hari bersama Kapolda.

“Secara spontan, Kapolda pernah menelepon saya mengajak menanam mangrove. Ayo bro, kita menanam mangrove. Tentu saja saya antusias. Pada intinya pada program Mageri Segoro, jajaran TNI siap mendukung,” imbuhnya.(HS)

Share This

Bukan Membahas Musik, Fadli Padi ke Rumah Ganjar Untuk Membicarakan Burung Merpati

Program Mageri Segoro, Polrestabes Semarang Tanam Ribuan Bibit Bakau Di Pantai Tirang Mijen