Pemprov Jateng Target Jalan Mulus Akhir April

Rambu-Rambu Peringatan di ruas jalan Kemiri-Kepil Wonosobo, Jawa Tengah. (Dok/Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Bina Marga dan Cipta Karya (BMCK) Jawa Tengah).

 

HALO SEMARANG – Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Bina Marga dan Cipta Karya (BMCK) Jawa Tengah terus berupaya membenahi jalan berlubang maupun rusak. Hal itu disampaikan Kepala Dinas DPU, BMCK Jawa Tengah, Hanung Triyono, Selasa (23/3/2021).

Menurutnya, proyek perbaikan dan pemeliharaan di ruas jalan provinsi sudah mulai berjalan. Hal ini akan dikebut dan ditargetkan rampung pada akhir April mendatang.

“Saat ini kontrak-kontrak konstruksi sudah mulai berjalan, dan paket pengadaan material pemeliharaan rutin dalam proses kontrak juga. Perbaikan terus dilakukan guna mengejar kondisi jalan sedang dan baik sampai dengan akhir April,” kata Hanung kepada halosemarang.id.

Dikatakan Hanung, hingga saat ini, perbaikan jalan provinsi rutin dilaksanakan oleh Balai Pengelola Jalan (BPJ) se-Jawa Tengah.

“Teman-teman dari BPJ se-Jateng setiap hari melaksanakan perbaikan,” terangnya.

Tidak hanya itu saja, untuk ruas jalan nasional maupun provinsi, lanjutnya, seminggu sebelum Lebaran akan siap dilalui pemudik sepenuhnya. Dengan demikian harapnya, tidak akan menimbulkan kemacetan.

“Target pada H-7 Lebaran. Ruas-ruas nasional dan provinsi sudah siap untuk para pemudik dengan dua jalur/lajur. Diupayakan tidak ada antrean,” tutur Hanung.

Selain itu, salah satu upaya lain yang dilakukannya yaitu memberikan informasi melalui rambu peringatan adanya jalan rusak kepada pengguna jalan. Informasi ini diberikan, agar pengguna jalan lebih berhati-hati.

“Pemasangan rambu-rambu peringatan, informasi dan rambu hati-hati sudah dipasang di ruas-ruas jalan yang sedang dilakukan penanganan,” tambahnya.

Hanung meminta kepada masyarakat untuk turut aktif melaporkan masalah jalan berlubang atau rusak melalui aplikasi Jalan Cantik.

Aplikasi ini diperuntukkan sebagai pusat pengaduan jalan rusak yang masih menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

“Masyarakat pengguna jalan diharapkan hati-hati saat di jalan, laporkan kendala-kendala di jalan dengan aplikasi Jalan Cantik kami,” tutup Hanung.(HS)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.