in

Pemprov Jateng Diminta Lebih Gencar Vaksinasi Anak dan Pengentasan Gizi Buruk

Anggota Komisi E DPRD Provinsi Jawa Tengah (Jateng), Ida Nurul Farida

 

HALO SEMARANG – Anggota Komisi E DPRD Provinsi Jawa Tengah (Jateng), Ida Nurul Farida meminta Pemerintah Provinsi Jateng untuk menggencarkan sosialisasi vaksin anak kelompok usia 12 hingga 17 tahun.

Meskipun kasus Covid-19 di usia anak terbilang kecil, namun hal ini tidak bisa dianggap remeh. Hal itu, dikatakannya adalah salah satu upaya pencegahan terpaparnya Covid-19 di kalangan anak-anak.

“Karena kematian bukan sekadar angka statistik, jadi perlindungan anak dari Covid-19 harus menjadi perhatian pemerintah. Salah satunya adalah dengan menggencarkan sosialisasi vaksin anak,” jelas Farida dalam keterangan resminya yang diterima halosemarang.id, Sabtu (24/7/2021).

Anggota Fraksi PKS DPRD Jateng ini juga meminta pemerintah untuk memaksimalkan program penanganan gizi buruk. Baginya, sampai dengan bulan Juni 2021, angka kurangnya gizi di Jateng berada pada 23,9 persen, lebih rendah dari nasional yang tercatat 27,5 persen.

Ia menegaskan, angka ini harus terus diturunkan, karena salah satu cara untuk meningkatkan imun pada anak adalah dengan kondisi gizi seimbang.

“Program pengentasan gizi buruk harus tetap berjalan, pemberian makan dengan gizi seimbang merupakan kunci terjaganya daya tahan tubuh baik untuk anak bahkan orang dewasa sekalipun, dengan gizi yang baik maka anak tidak akan mudah sakit,” kata istri Wakil Wali Kota Salatiga ini.

Melalui momentum Hari Anak Nasional 2021, ia mengajak para orang tua untuk turut serta menjaga imunitas anak dengan memenuhi kebutuhan protein, olahraga, serta memberikan pengertian adaptasi di saat pandemi.

“Orang tua dapat berperan dalam menjaga imun anak dengan memberi makanan yang berprotein dan bervitamin seperti telur, sayuran dan buah. Juga mengajak anak beraktivitas dan berolahraga di rumah, yang terpenting anak tetap happy karena kebahagiaan juga meningkatkan imun,” papar mantan Bunda PAUD Kota Salatiga ini.

Perlu diketahui, sejak awal bulan Juli 2021, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan telah memulai program vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 12-17 tahun. Pelaksanaan tersebut berdasarkan keputusan dalam Surat Edaran nomor HK.02.02/I/1727/2021 tentang vaksinasi tahap tiga bagi masyarakat rentan serta masyarakat umum dan vaksinasi anak usia 12-17 tahun.(HS)

Share This

Cegah Maladministrasi Seleksi Calon Taruna Akpol, Ombudsman Jateng Minta Sarana Pengaduan Dioptimalkan

77.840 Keluarga Bakal Terima Bansos Beras PPKM Darurat