in

Pemkot Tegal Siapkan 13 Tempat Vaksinasi Covid-19

Wakil Walikota Tegal, Muhamad Jumadi, saat memantau lokasi tempat persiapan vaksin. (Foto : Tegalkota.go.id)

 

HALO TEGAL – Vaksinasi Covid-19 di Kota Tegal yang baru akan dilaksanakan pada 14 Februari 2021, memberikan kesempatan bagi Pemkot untuk melakukan persiapan secara lebih baik.

Wakil Walikota Tegal, Muhamad Jumadi, saat memantau lokasi tempat persiapan vaksin di dua rumah sakit di Kota Tegal, Kamis (14/01), mengatakan pihaknya telah mempersiapkan 13 tempat fasilitas kesehatan untuk melayani 1.420 warga penerima vaksin.

“Rencananya, vaksinasi di Kota Tegal akan dilaksanakan 14 Februari 2021, bertempat di tiga rumah sakit, delapan puskesmas, dua klinik,” kata Jumadi, seperti dirilis Tegalkota.go.id.

Menurut dia, semua lokasi vaksinasi tersebut sudah dipastikan siap untuk melayani vaksinasi tahap pertama bagi warga Kota Tegal.

Dari hasil pantauan di RSUD Kardinah dan RSI Islam Harapan Anda Kota Tegal, tempat peralatan dan SDM untuk melayani vaksinasi sangat siap.

“Awal nantinya penerima vaksin masuk ke pendaftaran, lanjut ke ruang pemeriksaan, screening, hingga mendapat suntikan vaksinasi dan terakhir  ditempatkan di ruang observasi selama 30 menit,” kata Jumadi.

Jumadi menambahkan, syarat utama untuk bisa memperoleh vaksin adalah warga yang sehat. “Yang akan mendapatkan vaksin tahap pertama di antaranya 10 pejabat publik yakni Walikota, Wakil Walikota dan tokoh agama,” kata Jumadi.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal Sri Primawati, mengatakan vaksin tahap pertama akan lebih banyak diberikan kepada tenaga kesehatan. Hal ini karena para tenaga kesehatan yang banyak melakukan kontak langsung dengan para pasien Covid-19.

Prima menjelaskan tiga rumah sakit yang menjadi rujukan vaksinasi adalah RSUD Kardinah Kota Tegal, RSI Harapan Anda, Dan RS Mitra Keluarga Kota Tegal.

“Suntik vaksin virus corona penting untuk mengurangi penyebaran Covid-19, namun setelah di vaksin warga harus tetap melakukan protokol kesehatan 3M, yakni menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak,” tegas Prima. (HS-08)

Share This

Pegawai Kominfo Demak Jadi Role Model Budaya Kerja 2021

Perekaman E-KTP Disdukcapil Batang Lampaui Target Pusat