Pemkot Tegal Gelar Secara Virtual Ramadhan Kuliah Dhuha

Kuliah Dhuha secara virtual, di Mushala Adipura, komplek Balai Kota Tegal. (Foto : Tegalkota.go.id)

 

HALO TEGAL – Pemerintah Kota Tegal, pada Ramadan tahun ini menggelar Kuliah Dhuha secara virtual, di Mushala Adipura, komplek Balai Kota Tegal, Jumat (16/04).

Kuliah Dhuha kali ini, mengambil tema “Yuk, Menjadi Generasi yang Update Teknologi dan Berakhlak.

Narasumber pengisi acara kuliah Dhuha, yakni KH Abdul Qodir Zuhri, yang merupakan pengasuh majelis ta’lim dan dzikir Nurussa’adah Kota Tegal.

- Advertisement -

Kuliah Dhuha diawali dengan pembacaan Al-Qur’an oleh Nur Safaatun Auliyah, siswi SMP Negeri 2 Kota Tegal, dilanjutkan Saritilawah oleh Firyal Rihadatul Aisyi, Siswi SMP Negeri 2 Kota Tegal.

KH Abdul Qodir Zuhri, dalam penyampaian materi mengingatkan agar selalu selalu patuh dan berprilaku sopan santun kepada orang tua.

“Kita memiliki sifat akhlak yang baik, dan gunakanlah akhlak kita jangan terjerumus ke jurang yang sesat apalagi di jaman teknologi yang semakin canggih” ujar Abdul Qodir, seperti dirilis Tegalkota.go.id.

Menyinggung kata Ramadan, Abdul Qodir menerangkan bahwa huruf hijaiyah pada kata ramadan ada 5 huruf yakni Ra, Mim, Dad, Alif, dan Nun.

Ke lima huruf hijaiyah ini semua mengandung makna. “Huruf Ra berartian rahmat Allah, huruf Mim bermakna maghfiroh, huruf dad artinya bebas lepas dari panasnya api neraka, Alifnya lafadz ramadan artinya aman dari semua siksa dunia, kubur dan akhirat, dan terakhir huruf Nun berarti cahaya dari Allah.

Kuliah Dhuha ditutup dengan tanya jawab oleh penanya dari pendengar radio Sebayu FM. Peserta yang hadir secara virtual, juga peserta yang hadir di Mushala Adipura Kota Tegal. (HS-08)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.