Pemkot Tegal Dukung Pengembangan 120 UMKM Kerajinan Batik

Ketua Dekranas Kota Tegal Roro Kusnabila Erfa Dedy Yon, saat menjadi tamu dalam konten “Lintas Melawai”. (Foto : Tegalkota.go.id)

 

HALO TEGAL – Pemkot dan Dekranas Kota Tegal, terus berupaya untuk membina dan mengembangkan lebih dari 120 perajin batik di kota itu, yang kebanyakan berada di wilayah Kecamatan Tegal Selatan.

“Sentra Batik di Tegal Selatan, juga telah difasilitasi dengan dibangunnya rumah produksi batik,” kata Ketua Dekranas Kota Tegal Roro Kusnabila Erfa Dedy Yon, saat menjadi tamu dalam konten “Lintas Melawai”, pimpinan Eddy Bogel, fotografer dan jurnalis senior .

Didamping Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Tegal Heru Setyawan dan Desainer kondang asal Kota Tegal Bellahasura, Roro Kusnabila Erfa Dedy Yon, menceritakan alur keikutsertaan Dekranas di event peragaan Fashion Indonesia Hijab Walk 2021 di Hotel The Trans Luxury Bandung 13-14 Maret 2021.

Roro mengatakan untuk event Indonesia Hijab Walk Kota Tegal menampilkan karya Batik Tegal dan Sarung Goyor yang sudah merambah Go Internasional.

“Batik Tulis Tegal merupakan proses peleburan budaya hingga tercipta berbagai motif dan corak yang unik, ekspresif dan dekoratif,” ungkap Roro di depan Eddy Bogel.

Kepala Dinaskerin Kota Tegal Heru Setyawan menambahkan selain batik Sarung Goyor juga merupakan handmade yang diunggulkan dan pasarannya sudah ekspor ke luar negeri.

“Sarung Goyor ini dibuat dengan alat tenun bukan mesin (ATBM), yang diproses menggunakan bahan baku benang dalam berbagai ukuran tebal, semakin rapat ketebalan benangnya akan menghasilkan kain tenun yang semakin halus,” ujar Heru.

Sementara itu Bellahasura desaigner nasional kelahiran asli Kota Tegal menyatakan Batik Tegal dan Sarung Goyor diikutkan di event ini karena setelah dilihat batik Tgal dan sarung goyor juga bisa dijadikan perpaduan corak pakaian fashion yang menarik dengan tampilan yang elegan.

Eddy Bogel yang merupakan salah satu saksi hidup melakukan pemotretan terakhir Nike Ardilla juga sempat berencana akan membawa batik tegal dan sarung goyor di tampikan ke luar negeri yakni kota Parma.

Rencana ini akan dibahas lanjut oleh Eddy Bogel beserta Dekranas dan Disnakerin Kota Tegal sehingga Batik Tegal dan Sarung Goyor lebih semakin terkenal di kancah Internasional. (HS-08)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.