Pemkot Semarang Terima Bantuan 100 Pohon untuk Penghijauan dari Jasa Raharja

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi secara simbolis menyiram pohon tabebuya yang ditanam di Taman Citra Satwa, Jumat (9/4/2021).

 

HALO SEMARANG – Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi menerima langsung penyerahan bantuan sebanyak 100 bibit pohon dalam acara Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) oleh PT Jasa Raharja Cabang Utama Jawa Tengah di Taman Citra Satwa, Jalan Unta Raya, Semarang, Jumat (9/4/2021).

Penyerahan bibit pohon terdiri dari 60 pohon jenis tabebuya, dan 40 pohon pule itu diserahkan langsung oleh Plt Kepala PT Jasa Raharja Cabang Utama Jawa Tengah, Jamuda FB Marbun didampingi Moch Toha Kepala Bagian Administrasi.

Adapun bantuan bibit pohon yang bekerja sama dengan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Semarang untuk penghijauan kota itu, total senilai Rp 50 juta.

Dalam sambutannya, Plt Kepala PT Jasa Raharja Cabang Utama Jawa Tengah, Jamuda FB Marbun mengatakan, dipilihnya jenis pohon tabebuya, dan pule ini untuk menyerap karbon dioksida (CO2), dan mengeluarkan gas Oksigen (O2). Sehingga membuat lingkungan bersih dan sejuk.

Adapun selain memberikan bantuan bibit pohon di Kota Semarang, lanjut dia, pihaknya juga memberikan bantuan di sejumlah kota/kabupaten lainnya di Jawa Tengah.

“Dan PT Jasa Raharja sampai bulan Maret Tahun 2021 ini sudah menjalankan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) dengan total bantuan sekitar Rp 624 juta. Yang terdiri atas bantuan, di antaranya bantuan ke lokasi bencana banjir di kota Semarang, pembanguann saluran irigasi di Pati, dan gapura di Sukoharjo,” imbuhnya.

Data penyalurkan Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Tahun 2020, pihaknya juga telah menyalurkan total sebesar Rp 1,7 miliar. Terdiri bantuan untuk pencegahan dan penanggulangan Covid-19, fitur pendidikan dan pelatihan, serta fitur sarana ibadah.

“Adapun untuk pembayaran santunan Jasa Raharja di wilayah Jawa Tengah tahun 2020 sebesar Rp 418 miliar,” katanya.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Dusperkim) Kota Semarang, Ali mengatakan, nantinya pohon tabebuya dan pule akan ditanam di sejumlah taman dan median jalan protokol, utamanya ruas Jalan Siliwangi Semarang.

“Kita akan mencari CSR-CSR lain bantuan serupa untuk menanam lebih banyak lagi,” katanya.

Sementara itu, Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi mengatakan terimakasih atas program Tanggung Jawa Sosial dan Lingkungan dari PT Jasa Raharja berupa pemberian pohon tabebuya dan pule. Sebab, pohon ini harganya cukup mahal, sehingga harus dirawat sehingga bisa memberikan manfaat terutama untuk lingkungan.

“Sehingga udara di Kota Semarang ini menjadi sejuk, asri, dan aman. Selain sebagai pohon peneduh jalan, nantinya juga akan berkembang bunga yang akan menambah nilai estetis kota,” katanya.

Hendi, sapaan akrab Hendrar Prihadi berharap, dengan penanaman pohon ini dapat mengurangi polusi udara dan juga dapat mendukung program penghijauan dan pelestaraian alam di Kota Semarang.

“Sehingga mewujudkan Kota Semarang yang asri dan ramah lingkungan demi kesejahteraan masyarakat Kota Semarang,” pungkas Hendi.(HS)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.