Pemkot Semarang Targetkan 150 Sekolah Gratis pada Tahun 2021

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, saat diwawancarai awak media.

 

HALO SEMARANG – Pemerintah Kota Semarang pada tahun 2021 ini merencanakan akan menambah jumlah sekolah gratis di Kota Semarang. Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi mengatakan, akan menambah sekolah gratis hingga sebanyak 150 sekolah tahun 2021 ini.

Kota Semarang, kata dia, saat ini telah berjalan 80 sekolah gratis, dan akan ditambah lagi dengan target sebanyak 150 sekolah.

“Sekolah gratis untuk swasta ada 80 sekolah yang tahun ini kami berencana untuk bisa ditingkatkan paling tidak 150 sekolah,” kata Hendi, sapaan akrab Walikota Semarang, baru-baru ini.

- Advertisement -

Pendidikan, kata dia, adalah hal yang vital dan wajib dikembangkan. Dengan pendidikan pula, menurut politisi PDI-Perjuangan ini, penerus bangsa yang berkualitas dan berkarakter bisa dihasilkan.

Karena pandemi Covid-19 selama setahun terkahir, pembelajaran dilakukan melalui daring. Meski begitu menurutnya ada sisi positif maupun negatif.

“Sisi positifnya adalah kita dipaksa belajar secara online yang tadinya masih bayangan saya, tapi dengan waktu cepat seluruh jenjang sekolah sudah familiar dengan zoom meeting atau daring, kita semua jadi melek teknologi. Tapi minusnya, anak-anak jadi minim pergaulan dan interaksi sosial,” ungkapnya.

Saat ini, kata dia, pendidikan berbassis online alias daring harus dikombinasikan dengan luring ataupun tatap muka. Syaratnya adalah tetap mempertahankan protokol kesehatan saat harus bertatap muka.

“Kita harus lakukan keduanya, daring dan luring. PTM saat ini sudah diterapkan, anak-anak yang dalam masa pertumbuhan mulai dari TK, SD, SMP ini harus punya jaringan, punya teman dan bisa mengembangkan diri,” paparnya.

Dirinya berharap agar pada Juli 2021 nanti bisa membuka sekolah luring untuk tingkat SMP dan SD. Selama pembelajaran daring, anak-anak memang lebih dekat dengan orang tua. Namun dari dari sisi pengembangan diri dan attitude justru jadi kurang berkembang.(HS)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.