in

Pemkot Pekalongan Sukses Mewisuda 95 Murid Sekolah Lansia

Wisuda Sekolah Lansia di Hotel Howard Johnson, Kota Pekalongan, Kamis (9/11/2023). (Foto : pekalongankota.go.id)

 

HALO PEKALONGAN –  Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos-P2KB) Pemerintah Kota Pekalongan, berhasil mewisuda 95 lansia yang telah menyelesaikan jenjang pendidikan Strata 1 (S-1) dan Strata 2 (S-2) di Sekolah Lansia. Wisuda berlangsung di Hotel Howard Johnson setempat, Kamis (9/11/2023).

Mewakili Kepala Dinsos-P2KB Kota Pekalongan, Yos Rosidi, Sekretaris Dinsos-P2KB, Indah Budiarti mengatakan wisuda di tahun 2023 ini merupakan kegiatan wisuda kedua.

“Wisuda pertama sudah kita lakukan di tahun 2022, tahun ini adalah kedua kali dengan jumlah 95 orang terdiri dari 28 orang S-1 dan 67 orang S-2,” katanya.

Seluruh peserta wisuda adalah siswi dari 2 sekolah lansia yaitu sekolah lansia Anggrek di Kecamatan Pekalongan Barat dan sekolah lansia Qonitatun Nisa di kecamatan Pekalongan Utara.

“Mudah-mudahan sekolah lansia bisa terus mewujudkan lansia smart sehat mandiri aktif produktif. Wisuda ini sebagai bentuk apresiasi para lansia, kedepan lansia tetap semangat bahagia sejahtera, mudah-mudahan bisa memberikan motivasi dan inspirasi kepada generasi muda untuk lebih semangat mencari ilmu,” sambungnya.

Sementara itu ketua TP PKK Kota Pekalongan, Inggit Soraya menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada Dinsos-P2KB telah memfasilitasi sekolah lansia.

“Ini sudah ada di 2 kecamatan, semoga bisa merata di wilayah lain karena melihat para lansia ini luar biasa antusiasnya. Saya sebagai ketua PKK dan seorang anak merasa bahwa  memuliakan orang tua lansia sangat penting, melihat mereka produktif sehat umur panjang sangat bahagia,” terangnya.

Didominasi oleh kaum wanita, Inggit berharap sekolah lansia bisa juga diminati oleh kaum pria.

“Harapannya tahun depan ada bapak-bapak lansia bisa bergabung, karena kami ingin sama-sama menjaga kualitas hidupnya,” tandasnya.

Sementara itu, wisudawati S-1 asal Sekolah Lansia Qonitatun Nisa, Sri Masih (70), mengaku senang mendapat ilmu dan pengalaman yang luar biasa setelah bergabung di sekolah lansia.

Ia merasa bahwa di usianya yang tidak lagi muda, dirinya masih bisa berdaya dan produktif.

“Banyak teman diajari macam-macam menyanyi, prakarya, menggambar senam yoga, benar-benar bahagia sekali tadinya cuman di rumah. Alhamdulillah belajar ketrampilan membuat bunga , tas dan lainnya. Setelah wisuda ingin lanjut jenjang S-2 di tahun depan,” kata dia. (HS-08)

Gandeng TNI-Polri dan Satpol PP, Bawaslu Kendal Mulai Tertibkan Gambar Peserta Pemilu yang Langgar Aturan

Angkat Produk Unggulan, Desa Penggarit Pemalang Gelar Rural Festival 2023