in

Pemkot Pekalongan Mulai Perbaiki Sejumlah Ruas Jalan

Sejumlah pekerja mempersiapkan pengecoran Jalan Karya Bakti di Kelurahan Medono, Kota Pekalongan. (Foto : Pekalongankota.go.id)

 

HALO PEKALONGAN –  Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Dinperkim) Kota Pekalongan, mengalokasikan Rp 18,4 miliar dari APBD tahun ini, untuk meningkatkan kualitas 152 ruas jalan lingkungan di 27 kelurahan.

“Jalan yang sering tergenang akan turun kualitasnya dan cepat rusak, begitu pula jalan yang sering dilalui. Tahun ini Dinperkim memperoleh tugas untuk meningkatkan kualitas jalan permukiman,” kata Kepala Dinperkim Kota Pekalongan, Andrianto ST MT, Rabu (6/7/2022), seperti dirilis pekalongankota.go.id.

Andri menyampaikan bahwa pengerjaan peningkatan kualitas jalan permukiman ini sudah dimulai sejak April. Adapun dari 152 paket pengerjaan, saat ini baru 98 ruas jalan yang sudah keluar SPK-nya.

“Dari jumlah ini 70 paket sudah dikerjakan sehingga besaran capaian pengerjaan 46%,” jelas Andri.

Lanjut Andri menyebutkan masing-masing ruas jalan nominalnya berbeda-beda sesuai tingkat kerusakan.

“Kami menargetkan bulan Oktober sudah selesai semuanya. Semoga bisa cepat selesai dan tidak ada halangan,” kata dia.

Selain jalan lingkungan, Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUPR), juga mulai memperbaiki sejumlah ruas jalan kota, salah satunya Jalan Karya Bakti, di Kelurahan Medono.

Perbaikan dilakukan karena selama ini jalan tersebut bergelombang, sehingga mengganggu perjalanan para pengguna jalan.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Pekalongan, Kukuh Adi menjelaskan perbaikan Jalan Karya Bakti menggunakan metode cor beton dan aspal.

“Di Medono, kondisi Jalan Karya Bakti bergelombang dan rusak sehingga mengganggu perjalanan masyarakat, kami memutuskan untuk melaksanakan perbaikan dengan teknik aspal dan cor karena pada ruas jalan ini sering dilewati kendaraan yang bermuatan berat,” kata Kukuh, Rabu (6/7/2022).

Lebih lanjut, ia menyebutkan peninggian jalan rata-rata 30 sentimeter, dengan total panjang 839 meter, dan lebar jalan 5 meter.

Pekerjaan perbaikan jalan dengan metode cor beton dimulai dari sisi selatan masjid Al-Muttaqin, Kelurahan Medono sepanjang 646 meter dan pengaspalan dimulai dari sisi timur grand keisha resto sepanjang 193 meter. Kukuh menambahkan ruas jalan Karya Bakti akan ditutup sementara per hari Rabu (6/7/2022) karena akan dilaksanakan pengecoran hingga beberapa hari ke depan. (HS-08)

Bangkitkan Semangat, Dinporapar Kabupaten Pekalongan Gelar Jambore Pemuda

Tuntut Konsistensi Para Pembalap