in

Pemkot Pekalongan Berencana Bangun Toko Tani Indonesia Center

Foto : Pekalongankota.go.id

 

HALO PEKALONGAN – Dinas Pertanian dan Pangan (Dinperpa) Pemkot Pekalongan, berencana membangun Toko Tani Indonesia Center (TTIC), di kawasan depan kantor Dinperpa Kota Pekalongan Jl Letjend Suprapto Nomor 03 Pekalongan Selatan.

Toko yang akan dibangun tersebut, merupakan pengembangan dari program Toko Mitra Tani, yang selama ini menempati bangunan kantin Dinperpa.

Rencana tersebut disampaikan Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (Dinperpa) Kota Pekalongan, Zainul Hakim, berkaitan dengan upaya peningkatan kesejahteraan petani di Kota Pekalongan.

Seperti diirlis Pekalongankota.go.id, TTIC tersebut sebelumnya dirintis oleh Dinperpa pada April 2021 lalu, untuk membantu petani memasarkan hasil panennya. Toko tersebut membeli hasil panen dari petani dan memasarkannya dengan harga wajar.

Selama ini hasil panen dari petani, dibeli oleh tengkulak dengan harga rendah. Dengan memasarkan produk melalui TTIC, diharapkan kesejahteraan petani dapat meningkat.

Selain membantu petani memasarkan hasil panennya, TTIC juga membantu menstabilkan harga. Jika terjadi kenaikan harga bahan pangan, baik dari produk tanaman pangan maupun hewan, pemerintah akan memberikan subsidi. Dengan demikian produk tersebut bisa dijual di bawah harga pasar.

Zainul Hakim menjelaskan, kebijakan tersebut merujuk pada kebijakan dari Pemerintah Pusat, Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah, dan Pemerintah Kota untuk bisa melayani masyarakat. (HS-08)

Share This

Pemkot Resmikan Status Perkawinan Delapan Pasangan Nikah Siri

Jam Malam Mulai Diberlakukan di Pemalang