Halo Semarang
Take a fresh look at your lifestyle.

Pemkot Mulai Uji Coba Car Free Night di Kawasan Kota Lama Semarang

Masyarakat yang berkunjung ke Kota Lama Semarang.

 

HALO SEMARANG – Pemerintah Kota Semarang akan mulai memberlakukan Car Free Night atau jalur bebas kendaraan di kawasan Kota Lama Semarang pada Januari 2020 mendatang. Sedangkan untuk uji coba jalur bebas kendaraan di Kawasan Kota Lama, akan mulai dilaksanakan pada hari Jumat-Sabtu (11-12 Oktober 2019), dan tiap hari libur. Sebelum diberlakukan setiap harinya pada Januari 2020 mendatang.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi mengatakan, ada beberapa jalan yang akan diuji cobakan sebagai jalur bebas kendaraan,  yaitu di Jalan Letjen Suprapto dan Jalan Simpang Cendrawasih hingga Jembatan Mberok. Setelah itu akan ada evaluasi akan program tersebut.

Evaluasi untuk melihat, di titik mana saja yang perlu perbaikan dengan penerapan kebijakan baru tersebut. Hal itu dengan tujuan pengunjung Kota Lama menjadi nyaman.

“Memang tidak semua jalur yang nanti diterapkan larangan kendaraan bermotor di kawasan Kota Lama, terutama di jalan yang crowded. Tujuannya agar pengunjung menikmati wisata di Kota Lama dengan udara yang lebih bersih,” katanya, Kamis (10/10/2019).

Dikatakan Hendi, sapaan akrab Hendrar Prihadi, bagi pengunjung juga disediakan golf car dari lokasi parkir.

“Kami harapkan pengunjung memarkirkan kendaraan di kantong parkir yang telah kami sediakan. Kemudian menuju ke lokasi tujuan dengan golf car,” katanya.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Semarang, Endro PM mengatakan, untuk menata kendaraan yang ada di kawasan Kota Lama, pihaknya telah menyiapkan kantong parkir yang bisa dimanfaatkan pengunjung. Seperti si Jalan Empu Tantular eks-Damri, samping Cafe Sepur, Jalan Letjen Suprapto depan kantor Satpas, Jalan Kedasih, Jalan Sendowo, dan Jalan Branjangan belakang DMZ.

“Diharapkan dengan adanya kantong parkir ini, pengunjung dapat nyaman saat berkunjung ke Kota Lama Semarang. Memang saat ini kami fokus untuk melakukan penataan parkir, sehingga wisatawan bisa menikmati wisata di Kota Lama dengan aman, tertib,” katanya.(HS)

bawah-berita-dprd-semarang