in

Pemkot Galakkan Penghijauan, DLH: Sudah Tanam Total 2 Ribu Bibit Pohon

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Semarang, Sapto Adi Sugihartono.

 

HALO SEMARANG – Sedikitnya 2.000 bibit pohon sudah ditanam oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Semarang untuk program penghijauan yang digalakkan Pemerintah Kota Semarang.

Yakni dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup dengan menambah lebih banyak vegetasi tumbuhan di lingkungan OPD, kelurahan, dan sekolah-sekolah.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Semarang, Sapto Adi Sugihartono mengatakan, total ada 2.000 bibit pohon yang sudah ditanam oleh pihaknya selama tahun 2021. Selain, penanaman bibit pohon bersama tokoh masyarakat, juga diberikan ke sekolah-sekolah untuk ditanam di lingkungan sekitar.

“Bibit pohon yang diberikan ada bermacam-macam, di antaranya pohon trembesi, pohon asam, tanaman perdu dan tabebuya serta mahoni. Total sudah ada sekitar 2.000 bibit pohon yang ditanam di beberapa lokasi. Seperti wilayah Purwoyoso, Ruas Jalan Yos Sudarso, dan di Mijen,” terang Sapto, Kamis (5/8/2021).

Sapto menambahkan, gerakan penghijauan berupa penanaman pohon juga terus dilakukan pihaknya.

“Beberapa sekolah dan kelurahan serta OPD ada yang meminta bibit pohon kepada kami untuk ditanam. Selain memperingati Hari Lingkungan Hidup melakukan penanaman di lingkungan kelurahan dan di OPD, gerakan seperti hari Jumat menanam juga masih kita lakukan,” imbuhnya.

Dikatakan Sapto, program penghijauan sempat berhenti karena adanya pemberlakuan PPKM Darurat.

“Saat ini kita galakkan kembali penanaman pohon. Hal ini penting dilakukan untuk membuat kualitas udara menjadi makin bersih,” paparnya.

Seperti diketahui, saat ini Pemerintah Kota Semarang sedang getol untuk membuat Kota Semarang lebih asri dan makin indah.

Misalnya, melakukan penanaman pohon jenis tabebuya di taman-taman dan beberapa ruas jalan protokol. Penanaman tabebuya, diharapkan selain membuat teduh jalan, juga untuk mempercantik wajah kota.(HS)

Share This

Bupati dan Wakil Bupati Kendal Kompak Cek Penerapan PPKM di Pasar Kaliwungu

Tinjau Vaksinasi Merdeka Candi Di Semarang, Kapolri Targetkan Bisa Capai 2 Juta Vaksin