in

Pemkab Wonogiri Terima Bantuan 100 Oxygen Concentrator

Acara penyerahan bantuan konsentrator oksigen dari Pemkot Surakarta, kepada Pemkab Wonogiri, Jumat (20/8), di Pendopo Kabupaten Wonogiri. (Foto : Wonogirikab.go.id)

 

HALO WONOGIRI – Pemerintah Kabupaten Wonogiri menerima bantuan seratus buah konsentrator oksigen dari Pemerintah Kota Surakarta, Jumat (20/8), di Pendopo Kabupaten Wonogiri. Selanjutnya, konsentrator oksigen ini akan disalurkan ke fasilitas kesehatan yang membutuhkan di Kabupaten Wonogiri.

Bupati Wonogiri Joko Sutopo, mengucapkan terima kasih dan apresisasi kepada Pemkot Surakarta atas bantuan yang diberikan.

“Salam hormat dan apresiasi setinggi-tingginya, saya sampaikan langsung kepada Pemkot Surakarta. Inilah potret yang sesungguhnya, Indonesia tumbuh dan Indonesia tangguh ya ini, ditandai dengan semangat kegotongroyongan,” kata Bupati Joko Sutopo, seperti dirilis Wonogirikab.go.id.

Bupati menilai pihaknya tidak bisa berdiri sendiri mengatasi permasalahan yang ada, khususnya pandemi Covid-19 di wilayah Wonogiri. Kebijakan strategis dari Pemkot Surakarta menyalurkan bantuan berupa oxygen concentrator kepada Pemkab Wonogiri, dinilai akan membantu meringankan beban Pemkab Wonogiri, dalam percepatan penanganan Pandemi Covid-19.

“Alhamdulliah dengan adanya kebijakan dari Pemkot Surakarta, dengan adanya alternatif-alternatif pengadaan oksigen, Wonogiri mendapat perhatian khusus. Ke depan, ini akan memperkuat infrastruktur kesehatan kami, sehingga fungsi-fungsi pelayanan, dan penanganan serta perlindungan kepada masyarakat di bidang kesehatan akan berjalan dengan lebih baik,” tambahnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Surakarta Teguh Santosa mengatakan bahwa penyerahan konsentrator oksigen ini berasal dari bantuan CSR perusahaan dan Kementerian Kesehatan.

“Dengan kondisi menurunnya kasus Covid-19 di Kota Surakarta, dan sementara setiap rumah sakit di Surakarta sudah ada semua, barang ini kami ada lebih, maka lebihnya ini kami salurkan, kami bagikan kepada wilayah aglomerasi Solo Raya salah satunya Pemkab Wonogiri,” tutur Wawali Teguh Santosa.

Teguh juga sepakat dengan Bupati Wonogiri, bahwa percepatan penanganan Covid-19 tidak bisa diselesaikan oleh satu kota atau kabupaten, melainkan butuh gotong royong dan kerja sama antara kabupaten kota.

Sebagai informasi, konsentrator oksigen adalah alat medis yang berfungsi untuk memberikan oksigen, pada orang dengan gangguan pernapasan. Orang dengan kadar oksigen dalam darahnya di bawah batas normal, biasanya membutuhkan alat ini.

Udara mengandung nitrogen sekitar 78 persen, 21 persen oksigen, dan 1 persen gas lain. Konsentrator oksigen bekerja menyaring udara dan mengubahnya menjadi oksigen murni.

Secara garis besar, langkah kerja konsentrator oksigen adalah dengan mengambil udara dari ruangan melalui kompresor, lalu mengompres oksigen dengan memisahkan nitrogen dari udara.

Udara yang terkompresi akan bergerak ke dalam filter. Saringan inilah yang berperan untuk memisahkan nitrogen dari udara, sehingga terbentuk oksigen murni. Selanjutnya, oksigen murni akan disalurkan dengan alat yang menempel pada tubuh pasien. Alat ini bekerja jika terhubung langsung ke aliran listrik dan tidak perlu diisi ulang, sebagaimana tabung oksigen pada umumnya. (HS-08)

Share This

Prakiraan Cuaca Semarang Dan Sekitarnya, Sabtu (21/8/2021)

Pandemi Covid-19, Permintaan Susu Sapi di Boyolali Meningkat