Pemkab Temanggung Targetkan UKM Mahir Jualan Online

Foto : Temanggungkab.go.id

 

HALO TEMANGGUNG – Para pelaku Usaha Mikro Kecil Mengengah (UMKM) yang belum mengenal teknologi internet, menjadi kelompok yang merasakan dampak pelemahan ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Perindagkop UKM Kabupaten Temanggung, Sri Hariyanto, kemarin. Menurut dia, pelaku UMKM yang selama ini melakukan pemasaran secara online juga terdampak, tetapi tidak terlalu parah.

“Kan sekarang trendnya berjualan secara online, baik melalui marketplace maupun situs jual beli yang sudah ada. Yang sudah mengenal IT memang tidak begitu terasa dampaknya,” ujarnya, seperti dirilis Temanggungkab.go.id.

Sri menyebutkan, saat ini jumlah UKM di Kabupaten Temanggung lebih kurang sebanyak 28.500. Dari jumlah itu, hanya 55 UMK yang sudah mengenal dan menguasai teknologi informasi.

Kondisi ini yang menyebabkan banyak pelaku UKM terdampak Covid-19. Banyaknya pelaku UKM yang belum mengenal IT ini, menjadi tugas dan pekerjaan rumah bagi Permkab Temanggung.

Perlu digelar pelatihan-pelatihan, agar ke depan, pelaku UKM di Temanggung bisa semakin mahir berniaga di dunia maya.

“Kami akan terus berusaha, agar semua pelaku UKM di Temanggung bisa segera menguasai IT,” kata dia.

Dia berharap ke depan kondisi semakin membaik, dan pelaku UKM bisa kembali bergeliat, perekonomian bisa segera pulih. Segera pulih, sekarang vaksinasi sudah dilakukan, dampaknya akan sangat bagus bagi perekonomian ke depan, katanya. (HS-08)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.