in

Pemkab Tegal Buka Lowongan Calon Aparatur Sipil Negara

Rakor Persiapan Seleksi Penerimaan Tahun 2021. (Foto : Tegalkab.go.id)

 

HALO TEGAL – Pemerintah Kabupaten Tegal membuka penerimaan calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2021 sebanyak 1.515 formasi.

Pelaksana Tugas Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah Kabupaten Tegal , Edi Budiyanto jumlah tersebut terdiri atas CPNS sebanyak 341 formasi tenaga kesehatan dan 41 formasi tenaga teknis. Adapun untuk PPPK dibuka 1.126 formasi guru dan tujuh formasi tenaga kesehatan.

Pengumuman seleksi CASN 2021 ini, dimulai 30 Mei 2021. Pendaftaran peserta akan dibuka mulai 31 Mei sampai 21 Juni 2021 dan untuk proses seleksi administrasi hingga pengumuman lulus seleksi administrasi, akan dimulai 1 sampai 30 Juni 2021.

Menurut Edi Budiyanto, dari seluruh formasi yang ada, tidak semua organisasi perangkat daerah (OPD) membuka formasi CASN, melainkan hanya 12 OPD yang mendapat kuota dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Adapaun 12 OPD tersebut antara lain Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Kesehatan, RSUD dr Soeselo Slawi, RSUD Surodadi, Bagian Organisasi Setda, Bappeda dan Litbang, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Dinas Pemukiman Tata Ruang, Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pekejaan Umum serta Dinas Kelautan, Perikanan dan Peternakan.

“Jadi tidak semua OPD mendapat jatah atau kuota formasi dari kementerian. Meski demikian, untuk seleksi CASN tahun ini, Pemkab Tegal mendapatkan jatah formasi yang cukup banyak dibandingkan tahun sebelumnya,” kata Edi, seperti dirilis Tegalkab.go.id.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Tegal, Widodo Joko Mulyono berharap pelaksanaan seleksi tahun 2021 akan lebih baik dibanding tahun sebelumnya, yang juga dihadapkan pada situasi pandemi Covid-19.

Belajar dari pengalaman tahun kemarin, Joko berharap panitia sudah lebih siap. Termasuk mengantisipasi kasus penipuan yang biasanya merebak.

“Tunjukkan sikap profesional dan sampaikan ke publik, bahwa pelaksanaan seleksi ini dilakukan langsung oleh Pemerintah Pusat melalui sistem Computer Assisted Test,” Tegas Joko.

Pada akhir sambutanya, dia berharap dari 1.515 formasi itu akan terpilih ASN yang memiliki integritas, nasionalisme, profesionalisme dan wawasan global yang luas, sehingga terwujud smart ASN. (HS-08)

Share This

Peran Krusial Bintang Bayern di Timnas Jerman

Salurkan Bantuan Kuota, Kemenag Tidak Ingin Pembelajaran Jarak Jauh Ganggu Uang Dapur