in

Pemkab Sragen Ajak Warga Kurangi Sampah saat Lebaran

Sumber : sragenkab.go.id

 

HALO SRAGEN – Pemerintah Kabupaten Sragen mengajak semua pihak untuk berusaha mengurangi produksi sampah, terutama dalam masa libur Lebaran 2023 ini.

Ajakan tersebut dituangkan dalam Surat Edaran (SE) Nomor: 669.1 tahun 2023 mengenai pengendalian sampah dalam rangkaian kegiatan Idulfitri 2023 di Kabupaten Sragen.

Dalam SE tersebut Pemkab Sragen mengajak seluruh stakeholder, baik itu institusi swasta maupun seluruh elemen masyarakat, untuk berpartisipasi dalam menyebarkan informasi mengenai pengelolaan sampah.

Selain itu juga memberikan edukasi pengelolaan sampah, melalui Mudik Minim Sampah, Lebaran Minim Sampah, dan Bingkisan Lebaran Minim Sampah.

Pemkiab Sragen, seperti dirilis sragenkab.go.id, menyampaikan beberapa poin yang perlu diperhatikan, untuk pelaksanaan Mudik Minim Sampah.

Masing-masing adalah membawa botol minuman / tumbler untuk tempat air minum, membawa wadah makan dan alat makan yang dapat digunakan ulang, mengambil makanan secukupnya tanpa sisa, membawa tas berbelanja dari rumah dan hindari penggunaan plastik sekali pakai, serta membuang sampah di wadah, sesuai jenisnya

Terkait pengendalian sampah saat Shalat Id, warga dianjurkan untuk membawa perlatan sendiri dari rumah; menggunakan alas shalat yang dapat dipakai ulang; tidak menggunakan koran bekas, dan tidak meninggalkan sampah apapun setelah Shalat Id

Pada masa Lebaran ini, tukar menukar atau memberi bingkisan biasa dilakukan. Namun demikian, pemberian bingkisan Lebaran ini, juga selalu menimbulkan sampah baru, terutama dari kemasan yang digunakan.

Untuk itu disarankan, agar menggunakan wadah guna ulang untuk mewadahi hantaran lebaran; tidak selalu harus membeli wadah makan baru sebagai pengemas, pinjamkan wadah makanmu terutama bagi kerabat atau tetangga yang tinggal di dekat rumah; dan inspirasi bingkisan lebaran minim sampah

Untuk mendukung kegiatan atau aksi yang telah dilakukan dalam mendukung kegiatan pengurangan dan penanganan sampah di bulan Ramadhan dan Idul Fitri agar mencantumkan hastag #RamadhanMinimSampah2023. (HS-08)

Bupati Sragen Pastikan Harga Bahan Pokok Stabil dan Tak Ada Makanan Kedaluwarsa

Penyebaran Covid-19 Meningkat, Presiden Jokowi Ingatkan Kembali Pentingnya Vaksinasi