in

Pemkab Semarang Bantu 87,2 Ton Beras untuk Petani Rawapening

Penyerahan bantuan beras dari Pemerintah Kabupaten Semarang, kepada petani yang terdampak genangan Rawapening. Mereka berasal dari Kecamatan Tuntang, Bawen, Ambarawa, dan Banyubiru. (Foto : Jatengprov.go.id)

 

HALO SEMARANG – Pemerintah Kabupaten Semarang menyerahkan bantuan beras cadangan pemerintah, kepada petani yang terdampak genangan Rawapening. Para petani itu memiliki atau menggarap lahan pertanian di sekeliling danau alami tersebut, Kecamatan Tuntang, Bawen, Ambarawa, dan Banyubiru.

Sekretaris Dinas Sosial Kabupaten Semarang, Muhtarudin menjelaskan bantuan beras yang disalurkan Pemkab Semarang, sebanyak 87,2 ton untuk 7.790 jiwa terdampak genangan Rawapening.

“Bantuan itu sebagai konsekuensi penetapan tanggap darurat bencana berdasarkan keputusan Bupati Semarang selama 28 hari. Kondisi itu akan berakhir pada hari Minggu (26/9) mendatang,” jelasnya, pada penyerahan bantuan beras tersebut, secara simbolis di Ambarawa, belum lama ini, seperti dirilis Jatengprov.go.id.

Bupati Semarang Ngesti Nugraha, menyampaikan bantuan tersebut merupakan dukungan Pemkab Semarang, untuk meningkatkan kesejahteraan petani, khususnya yang terdampak bencana.

Terkait luapan air Rawapening, Bupati Semarang menjelaskan pihaknya telah menjalin komunikasi dengan pemangku kepentingan pengelolaan Rawa Pening. Tujuannya agar luapan air Rawapening dapat dikendalikan dan tidak merendam lahan persawahan warga.

“Kami terus berupaya mencari solusi, agar para petani dapat bercocok tanam lagi,” tandasnya.

Ketua Petani Rawapening Bersatu, Swestiyono berharap para petani di sekitar Rawa dapat bercocok tanam lagi. Kondisi itu karena air Rawapening yang menggenangi lahan sawah seluas puluhan hektare selama hampir dua tahun.

“Harapannya, tahun depan kami bisa tanam lagi,” pintanya. (HS-08)

Share This

Liga 2 Belum Ada Sponsor, PT LIB Tetap Optimistis

Bupati Semarang Minta Agar PTM Tidak Munculkan Klaster Penularan Covid-19