in

Pemkab Salurkan Bantuan Alsintan dan Benih Unggul Hortikultura

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Blora, Komang Gede Irawadi SE Msi, mewakili Bupati Blora H Arief Rohman SIP Msi, Rabu (5/5) secara simbolis menyerahkan bantuan alsintan dan bibit hortikultura, di halaman Kantor Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Blora. (Foto: Blorakab.go.id)

 

HALO BLORA – Pemerintah Kabupaten Blora, menyalurkan bantuan (pinjaman) 62 unit alat dan mesin pertanian (Alsintan) dan ratusan benih unggul hortikultura, kepada sejumlah kelompok tani, dalam rangka meningkatkan produktivitas pertanian.

Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Blora, Komang Gede Irawadi SE MSi mewakili Bupati Blora H Arief Rohman SIP Msi, Rabu (5/5) di halaman Kantor Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Blora.

Alat pertanian yang diserahkan pengelolaannya, meliputi 47 unit traktor roda dua, 8 unit power threser multiguna, 7 unit corn sheller mobile. Adapun bantuan benih unggul hortikultura, adalah jambu kristal 100 batang, kelengkeng 200 batang, pisang 500 batang, jambu air 800 batang, dan alpukat 250 batang.

Sekda berpesan kepada para kelompok tani penerima bantuan alsintan, untuk merawat dan menggunakan peralatan tersebut dengan baik. Hal itu karena peralatan tersebut tercatat sebagai milik Negara. Karena itu barang-barang tersebut tidak boleh dipindahtangankan atau dijual. Jika hal itu sampai terjadi, dapat menimbulkan persoalan hukum, di kemudian hari.

“Bantuan (Alsintan) yang diserahkan tadi, tercatat sebagai barang milik negara. Walaupun nanti sudah diserahkan kepada bapak ibu, kami mohon untuk dipelihara dengan baik. Harus dicatat di kelompok, sebagai barang yang dikelola oleh kelompok,” kata Sekda, seperti dirilis Blorakab.go.id.

Sekda berharap, agar alsintan tersebut dapat meningkatkan produktivitas pertanian, sekaligus mendorong peningkatan pendapatan petani.

“Alat-alat yang diserahkan tadi dapat dimanfaatkan sebaik mungkin, jadi kelompok tani yang sebelumnya sewa alat, dengan adanya bantuan ini menjadi tidak perlu sewa lagi, sehingga ada manfaat dari segi ekonomi kelompok tani disitu,” sambungnya.

Kepada penerima benih unggul Hortikultura, Sekda menyampaikan agar penanaman tanaman buah-buahan dapat dilakukan secara optimal terutama desa-desa di Blora yang potensial. Sehingga Blora dapat menjadi penghasil buah-buahan yang dikenal luas.

“Tanaman tadi mohon dirawat dengan baik, Harapan kita bisa mensejahterakan masyarakat dan memiliki manfaat ekonomi” lanjutnya.

Komang juga mengatakan bibit tanaman yang diserahkan, antara lain jambu kelengkeng, pisang, alpukat. Jika semua desa ada gerakan penanaman hortikultura dan berhasil, maka Blora yang semula dikenal sebagai daerah kering dan tandus, kelak akan berubah menjadi daerah penghasil buah.

 

Kepala DPKP Blora, Ir. Reni Miharti M.Agr.Bus berpesan bantuan Alsintan seperti halnya traktor roda dua sangat bermanfaat untuk percepatan tanam.

“Bantuan traktor roda dua sangat bermanfaat untuk membantu pengolahan lahan petani sehingga berdampak pada percepatan tanam. Sedangkan bantuan power thresher dan corn sheller memberikan kemudahan pasca panen, terutama pada proses perontokan padi maupun jagung,” paparnya.

Sebagai informasi, sebelumnya dari APBD Kabupaten Blora telah disalurkan bantuan Alsintan Combine Harvester Besar (CHB) Merk Maxxi Bimo 11 Plus pada April, sebanyak 2 unit ke Poktan Sri Rahayu, Kecamatan Kedungtuban dan Poktan Mugi Rahayu, Kecamatan Todanan. Selain itu sebelumnya juga telah diserahkan Traktor Roda 4 Merk Changfa sebanyak 2 unit kepada Poktan Wana Rahayu, Kecamatan Ngawen dan Poktan Margomukti, Kecamatan Banjarejo.

Bendahara Poktan Tirta Jaya, Kecamatan Blora, Juhari  menyampaikan rasa terima kasih atas bantuan traktor roda dua pada kelompok taninya. Saat ini ada 67 petani yang tergabung dalam kelompok tani tersebut.

Menurutnya, bantuan traktor roda dua tersebut akan sangat membantu para petani khususnya dalam pengolahan lahan pertanian.

“Dengan dibantunya traktor ini sangat bermanfaat dan terbantu sekali bagi kami terutama bagi petani yang sawahnya juga perlu sekali untuk di traktor. Bantuan ini akan kami rawat dan pergunakan sebaik mungkin,” ungkapnya.  (HS-08)

11 Produk UKM Blora Masuk Toko Modern

Wakil Bupati Blora Bertekad Menurunkan Angka Stunting