in

Pemkab Rembang Salurkan Ratusan Alsintan, Pjs Bupati : Ini Jangan Dijual

Penjabat sementara (Pjs) Bupati Imam Maskur menyerahkan bantuan alsintan secara simbolis kepada kelompok tani. (Foto:rembangkab.go.id)

 

HALO REMBANG – Pemerintah Kabupaten Rembang mulai menyalurkan ratusan bantuan alat mesin pertanian (alsintan), kepada kelompok-kelompok tani di di wilayah itu.

Penjabat sementara (Pjs) Bupati Imam Maskur mengatakan anggaran bantuan alsintan tersebut, bersumber dari APBD Kabupaten, APBD Provinsi Jawa Tengah, dan APBN.

Dengan adanya peralatan tersebut, petani dapat mengolah tanah lebih cepat, secara serempak, dan hemat biaya. Dengan demikian diharapkan terjadi kenaikan produksi pangan nasional.

Imam juga berpesan kepada para kelompok tani, agar tidak menjual bantuan alsintan yang telah diberikan, sehingga dapat mendukung program pemerintah menjaga ketahanan pangan.

Bantuan dari pemerintah dalam hal ini Pemkab Rembang harus benar-benar dimanfaatkan sebagaimana mestinya. “Manfaatkan bantuan yang sudah diberikan oleh pemerintah, ini bantuannya dari pemerintah uangnya dari rakyat, jangan sampai mengkhianati bantuan ini. Artinya bantuan ini harus benar-benar dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Semoga Kabupaten Rembang menjadi Kabupaten yang swasembada pangan, ” kata Imam dalam penyerahan bantuan tersebut secara simbolis, di halaman kantor Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Dintanpan) Kabupaten Rembang, Selasa (24/11).

Sementara itu, Plt Kepala Dintanpan, Agus Iwan Haswanto dalam laporannyya menyebutkan total bantuan Alsintan yang diberikan kepada kelompok tani sebanyak 100 unit. Dengan rincian Traktor roda dua sebanyak 33 unit dengan anggaran Rp 821 juta lebih, traktor rotary 1 unit dengan anggaran Rp 36.5 juta, cultivator 1 unit dengan anggaran Rp 16.7 juta lebih, mesin rajang tembakau 25 unit dengan anggaran Rp  175 juta, semuanya dari APBD Rembang.

Selanjutnya kendaraan roda tiga 39 unit dengan anggaran kurang lebih Rp. 1 miliar dari APBD Provinsi Jawa Tengah, dan alat pengupil jagung 1 unit dengan anggaran Rp. 43 juta dari APBN. (HS-08)

Share This

Pemda Harus Jadikan Pencegahan Stunting Prioritas Pembangunan

Lagi, Rembang Kirim Bantuan untuk Korban Banjir Cilacap