in

Pemkab Rembang Alihkan Kendaraan Bermuatan Berat Lewat Galonan-Tireman

Pemerintah Kabupaten Rembang mengarahkan kendaraan berat, yang semula masuk kota, dialihkan melalui jalan lingkar Tireman-perempatan Galonan, yang sudah selesai ditingkatkan dengan cor beton. (Foto : Rembangkab.go.id)

 

HALO REMBANG – Pemerintah Kabupaten Rembang mengarahkan kendaraan berat, yang semula masuk kota, dialihkan melalui jalan lingkar Tireman-perempatan Galonan, yang sudah selesai ditingkatkan dengan cor beton. Dengan begitu kendaraan-kendaraan semacam truk, tidak lagi melewati jalan dalam kota.

Bupati Rembang H Abdul Hafidz, mengatakan pelebaran dan peningkatan jalan dari Waru sampai pertigaan Soklin atau Tireman sudah selesai pada 2021. Pemkab sudah memasang rambu-rambu, agar kendaraan berat dari arah timur ke selatan, tidak masuk kota.

“Khusus yang jalan Galonan-Soklin dicor, dimuati kendaraan 10 ton lebih nggak masalah. Jadi penataan transportasi ini perlu kita lakukan, agar jalan ini tidak cepat hancur, ” kata dia, seperti dirilis Rembangkab.go.id.

Selain untuk menjaga umur jalan protokol dalam kota, pengalihan arus kendaraan bermuatan berat dari arah timur ke Blora harus melewati jalan lingkar tireman-galonan, begitupun sebaliknya ini dapat memecah kepadatan lalu lintas.

Gigih Sunu, warga Desa Kabongan Kidul Rembang, mendukung kebijakan Bupati, yang mengalihkan kendaraan bermuatan berat, agar tak melewati jalan dalam kota. Selain membuat macet, kendaraan bermuatan berat juga sering mengalami kecelakaan ketika masuk dalam kota.

“Selain bikin macet, kendaraan muatan berat juga riskan laka, sering kan mereka kesulitan waktu sampai di drojogan lampu merah stasiun, pernah laka juga di sana,” ungkapnya.

Pemkab tahun 2021 lalu telah mengusulkan perubahan status jalan perempatan Galonan ke Tugu Adipura yang semula jalan milik provinsi, menjadi jalan kabupaten. Adapun jalur lingkar Pentungan-Galonan-Tireman, yang selama ini berstatus jalan kabupaten, menjadi jalan provinsi. (HS-08)

Ini Motif Pelaku Tusuk Istri Hingga Meninggal di Semarang

Dikunjungi Anggota Komisi B DPRD Jateng, Kades Troso Jepara Berharap Pemda Ikut Pasarkan Wisata