Pemkab Pekalongan Sabet Penghargaan Pembangunan Daerah Tahun 2021

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menyerahkan penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2021, kepada Bupati Pekalongan Asip Kholbihi SH MSi. (Foto : Pekalongankab.go.id)

 

HALO PEKALONGAN – Melalui perencanaan pembangunan bertema ” Peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Melalui Gerakan Kudu Sekolah”, Kabupaten Pekalongan kembali memperoleh penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2021, dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Untuk tahun ini, Pemkab Pekalongan berhasil meraih juara III untuk kategori kabupaten.

“Kabupaten Pekalongan, masuk tiga besar, karena kita mengusung program”Kudu Sekolah”, di mana seluruh anak yang drop out berkesempatan sekolah lagi. Kita punya program, menciptakan aplikasinya, kemudian intervensi program dari pemerintah yang didukung oleh seluruh kekuatan,” kata Bupati Pekalongan Asip Kholbihi SH MSi, setelah menerima penghargaan pembangunan daerah tahun 2021, di gedung Gradhika Bhakti Praja kantor Gubernur Jawa Tengah Semarang, Rabu (14/04).

Dengan cara seperti itu, upaya untuk meningkatkan indeks pembangunan manusia dan menghilangkan distorsi atau dikotomi pendidikan dapat dihilangkan.

- Advertisement -

Bupati menjelaskan, mengenai program “Kudu Sekolah”, pihaknya mempunyai database anak yang tidak sekolah secara rinci, termasuk ada di mana dan anaknya siapa, serta karena apa. Kemudian treatment nya nanti akan dibuka secara lebih tepat, sehingga pada akhirnya seluruh anak di kabupaten Pekalongan yang wajib sekolah, mereka sekolah semua.

Di samping itu, lanjutnya, prestasi pemkab Pekalongan pada 2021 ini tidak hanya penghargaan di bidang perencanaan daerah saja. Ada beberapa bidang lain, yang semua berkat kerja keras OPD dan didukung seluruh warga. Sehingga Pemkab sering mendapat penghargaan baik dari Pemerintah Pusat maupun Provinsi Jateng.

“Manfaat dari beberapa kali memperoleh penghargaan, adalah Pemkab Pekalongan mendapat perhatian secara khusus. Kami juga mengusulkan kepada DPRD Provinsi Jawa Tengah, ada reward yang berupa bantuan keuangan. Mudah-mudahan ini bisa kami dapatkan, seperti kita memperoleh penghargaan di bidang lingkungan, yaitu juara II dan III lomba Habitat provinsi JawaTengah,” kata dia, seperti dirilis Pekalongankab.go.id.

Menurut dia, ketika semua komponen bergerak, bisa bersaing dengan daerah lain, maka akan ada reward yang akan didapatkan, meski bukan itu tujuannya.

“Tujuannya adalah membangun kredibilitas pemerintahan, agar tujuan utama mensejahterakan masyarakat kabupaten Pekalongan ini segera bisa kita wujudkan dalam waktu yang tidak terlalu lama,” kata dia. (HS-08)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.