Pemkab Pati Punya Laboratorium PCR

Bupati Pati Haryanto resmikan laboratorium PCR di halaman RSUD RAA Soewondo Pati. (Foto : jatengprov.go.id)

 

HALO PATI – Pemerintah Kabupaten Pati, sekarang mempunyai laboratorium polymerase chain reaction (PCR) di UPT RSUD RAA Soewondo.

Bupati Pati Haryanto mengatakan dengan adanya laboratorium PCR sendiri, tidak perlu mengirim sample tes ke Semarang atau Yogyakarta, sehingga tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mengetahui seseorang positif Covid-19 atau tidak.

Sebaliknya, ada kemungkinan laboratorium PCR di UPT RSUD RAA Soewondo akan memeriksa sampel dari daerah lain. Untuk itu, bupati minta kepada para petugas laboratorium PCR agar melakukan persiapan dengan matang.

Hal ini dikarenakan semakin lama pasti akan semakin banyak sampel yang harus diperiksa.

“Jadi selain adanya pelatihan, juga perlu disiapkan SDM yang memenuhi dan mumpuni, APD yang lengkap, SOP, serta mempersiapkan garda SDM berikutnya sehingga dapat mengantisipasi jumlah sampel yang akan datang,” terang bupati pada peresmian laboratorium PCR di halaman RSUD RAA Soewondo Pati, seperti dirilis jatengprov.go.id,  Minggu (8/11).

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur UPT RSUD RAA Soewondo Pati, Pirno menjelaskan, persiapan laboratorium PCR sudah dimulai sejak Agustus 2020 lalu dan mulai Jumat (6/11/2020), sudah siap melayani swab test. Hasil swab test pada laboratorium ini, akan keluar selang waktu lima jam.

“Adapun sistem dari swab test di laboratorium ini, dibagi menjadi dua sif, di mana masing-masing sifnya berkapasitas 90 sampel,” jelasnya.

Ditambahkan, untuk mendukung percepatan penanganan Covid-19, pihaknya berencana untuk menambah ruang isolasi pasien.

“Jadi yang saat ini, kami baru punya 17 (tempat tidur), nanti kita rencanakan menambah 24 tempat tidur,” jelas Pirno. (HS-08)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.