Pemkab Kendal Siap Support Kesuksesan Pilkada di Tengah Pandemi

Sekda Kendal Moh Toha bersama Ketua KPU Kendal Hevy Indah Oktaria saat Sosialisasi Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Kendal 2020, Senin (16/11/2020).

 

HALO KENDAL – Pemerintah Daerah Kendal akan mendukung penuh penyelenggaraan Pilkada Kendal 2020. Tak tanggung-tanggung, bahkan alokasi dana yang digelontorkan untuk pelaksanaannya mencapai Rp 57 miliar.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Kendal, Moh Toha saat menjadi nara sumber Sosialisasi Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2020 di salah satu hotel di Kota Kendal, Senin (16/11/2020).

Kegiatan yang digelar KPU Kendal ini diikuti oleh perwakilan partai politik dan tokoh masyarakat, juga menghadirkan pemateri dari unsur TNI dan Polri.

Dikatakan oleh Sekda Kendal, Pemerintah Kabupaten Kendal juga ikut andil dalam proses pengamanan, khususnya melibatkan Linmas yang berada di bawah Satpol PP.

“Penganggaran juga telah kami tetapkan, baik KPU, Bawaslu, TNI, Polri, Satpol termasuk Kesbangpol. Semua itu juga wujud upaya pemerintah untuk mensukseskan,” ungkap Moh Toha.

Ketua KPU Kendal, Hevy Indah Oktaria mengatakan, tujuan dilaksanakan acara ini, nantinya peserta dapat membantu untuk menjelaskan atau turut menyebarkan mengenai pesta demokrasi yang akan segera berlangsung kurang dari 1 bulan.

Menurutnya, selama proses pemilihan, pihak KPU telah mempersiapkan penunjang penerapan protokol kesehatan dengan ketat. Di samping itu, pihaknya juga mengupayakan agar tidak terjadi sentuhan secara langsung saat pelaksanaan pemungutan suara di pilkada.

“Saat pemilihan protokol kesehatan sudah pasti kita perketat agar tidak muncul kluster baru,” tandas Hevy.

Ditambahkan, semua perlengkapan bagi pemilik hak suara juga diberikan, seperti sarung tangan sekali pakai, juga termasuk pemberian tinta.

Karena nantinya, lanjut Hevy, pemilih yang tidak mencelupkan jari ke dalam tempat tinta seperti biasa, namun petugasnya yang akan meneteskan tintanya ke jari pemilih yang sudah mencoblos.

“Kami berharap, seluruh undangan yang hadir dalam kegiatan ini, menyampaikan ke seluruh masyarakat, bahwa Pemilu dapat dilaksanakan di tengah pandemi dengan mengutamakan keselamatan warga,” harap Hevy.

Nara sumber lain, baik dari TNI maupun Polri, memaparkan jika aparat keamanan telah bersiaga dalam proses pengamanan dari persiapan pemilihan, hingga tahap akhir penetapan.

Tugas tambahan, selain menjaga kondusifitas juga mengawasi penerapan protokol kesehatan di lokasi TPS.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.