Pemkab Kendal Salurkan Bantuan Kepada Warga Tiga Desa Terdampak Banjir

Wabup Kendal, Windu Suko Basuki saat menyerahkan bantuan beras kepada warga yang terdampak banjir di tiga desa di Kabupaten Kendal, Selasa (9/3/2021).

 

HALO KENDAL – Pemerintah Kabupaten Kendal memberikan bantuan beras kepada warga tiga desa yang terdampak banjir beberapa waktu lalu. Acara dipusatkan di Balai Desa Purwokerto, Kecamatan Brangsong, Selasa (9/3/2021).

Bantuan yang diberikan untuk per keluarga berupa beras sebanyak 10 kilogram perkeluarga dan bantuan diberikan langsung oleh petugas ke rumah.

Sebagai simbolis pemberian bantuan dilakukan di Balai Desa Purwokerto langsung diberikan kepada Wakil Bupati Kendal, Windu Suko Basuki dan Kepala Dinas Pertanian dan Pangan, Tjipto Wahjono.

Wakil Bupati Kendal, Windu Suko Basuki, dalam sambutannya menyampaikan, pemerintah akan berusaha agar bencana, khususnya banjir yang terjadi di beberapa wilayah di Kabupaten Kendal secara perlahan tidak lagi terulang.

“Kami akan berusaha, agar banjir di beberapa wilayah di Kendal bisa diminimalisir. Saya juga berharap, dengan bantuan ini bisa membantu mengurangi beban warga yang terdampak,” ungkapnya.

Selain itu, pihaknya juga meminta kepada masyarakat agar ikut menjaga lingkungan dan kebersihan wilayah masing-masing.

“Wilayah yang biasa menjadi langganan banjir, akan kami usahakan penanganan. Tapi saya harap warga untuk ikut menjaga lingkungan, misal dengan kegiatan jumat bersih bersama desa,” kata Basuki.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kendal, Tjipto Wahjono mengatakan, pemberian bantuan kepada warga terdampak, pihaknya telah menyediakan beras sebanyak 6.010 kilogram.

“Pembagian nanti 10 kilogram per keluarga, rencananya untuk Desa Purwokerto sebanyak 2.290 kilo atau 229 keluarga yang kita berikan. Kemudian untuk sisanya kita berikan di dua desa yang sudah terjadwal, yaitu Turunrejo Brangsong sebanyak 1.550 kg bagi 155 keluarga, dan Putat Gede Ngampel 2.170 kg atau untuk 217 keluarga,” ujar Tjipto Wahjono.

Pada kesempatan itu, dirinya juga mengaku telah menyampaikan kepada Wakil Bupati Kendal, agar bisa dilakukan penambahan stok cadangan pangan. Setidaknya dalam setahun terdapat 300 ton cadangan pangan untuk tingkat kabupaten.

Harapan ke depan setelah adanya pembaharuan tersebut, Kabupaten Kendal dapat meningkatkan kualitas hasil panen dan kapasitas panen. Sehingga target cadangan pangan dapat dipenuhi.

“Pak Wabup menyikapi penambahan cadangan pangan, akan meningkatkan melalui pupuk subsidi dengan pengawasan distribusi secara ketat dan transparan. Kami nantinya juga akan melakukan pembaharuan data kepada para petani yang ada di Kendal,” tukas Tjipto.(HS)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.