in

Pemkab Kendal Gencarkan Program Vaksinasi Di Pasar Tradisional

Bupati Kendal, Dico M Ganinduto saat meninjau Pasar Pagi Kaliwungu, Selasa (27/7/2021).

 

HALO KENDAL – Dalam rangka mengajar percepatan kekebalan komunal, Pemerintah Kabupaten Kendal terus berupaya melakukan percepatan program vaksinasi.

Salah satunya dengan menerapkan one gate system atau pelayanan satu pintu pelayanan vaksin di pasar-pasar tradisional.

Adapun pelayanan vaksin di pasar tradisional akan dilakukan di seluruh pasar yang ada di Kabupaten Kendal.

“Bagi pedagang hanya perlu menunjukan KTP dan langsung dapat vaksin,” kata Bupati Kendal Dico M Ganinduto saat meninjau Pasar Pagi Kaliwungu, Selasa (27/7/2021).

Menurutnya, langkah ini dilakukan untuk memberikan pelayanan maksimal terkait program vaksinasi bagi pedagang dan pembeli yang hendak bertransaksi.

Dijelaskan oleh Dico, sistem vaksinasi di Pasar Pagi Kaliwungu ini untuk memproteksi pedagang dan pembeli.

“Jadi sebelum bertransaksi di pasar, mereka divaksin terlebih dahulu sehingga akan terbentuk sistem kekebalan di lingkungan pasar tradisional ini,” jelasnya.

Sementara, meski stok vaksin untuk tahap pertama di Pemkab Kendal telah habis dan menunggu pasokan dari pemerintah provinsi, namun pihaknya akan berusaha memberikan pelayanan terbaik dengan berbagai upaya.

“Kami akan tetap memberikan layanan vaksinasi. Kan masih bisa menggunakan stok yang tersedia di Polres maupun di Kodim Kendal,” tandas Dico.

Salah seorang pedagang pakaian di Pasar Pagi Kaliwungu Heni mengaku, jika pelayanan vaksinasi di Kendal lebih mudah.

“Di sini lebih mudah, hanya dengan menunjukan KTP saja. Ketimbang daftar online, sering tidak kebagian. Malah susah,” ujarnya.

Selain memantau pelaksanaan vaksinasi di Pasar Pagi Kaliwungu, Bupati bersama Kapolres Kendal dan Dandim 0715/Kendal melihat kondisi lapak pedagang.

“Lapak yang belum terpasang plastik pengaman, kami imbau untuk dipasang sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19,” kata Kapolres Kendal, AKBP Yuniar Ariefianto.

Kemudian Kapolres dan Dandim serta Bupati menyempatkan memasangkan plastik di lapak pedagang, serta memantau harga sembako.

Selain itu, jajaran Forkompinda juga melakukan aksi borong dagangan pedagang untuk membantu pedagang di masa perpanjangan PPKM level 4 ini.(HS)

Share This

Nekat Jambret Pengendara Motor, Dua Pemuda Ini Nyaris Dihakimi Warga

Terkendala Ketersediaan Alat Berat untuk Pemakaman Pasien Covid-19, Disperkim Kota Semarang Minta Dukungan Swasta