in

Pemkab Kendal Gelar Upacara HUT Ke-76 Kemerdekaan RI Secara Singkat

Upacara memperingati HUT ke-76 Kemerdekaan RI di Alun-alun Kendal, Selasa (17/8/2021).

 

HALO KENDAL – Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia di Kabupaten Kendal, dilaksanakan di Alun-alun Kota Kendal, Selasa (17/8/2021).

Bupati Kendal, Dico M Ganinduto memimpin kegiatan dengan bertindak sebagai Inspektur Upacara. Upacara peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia kali ini memang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, karena masalah pandemi.

Baik petugas maupun peserta upacara seluruhnya diwajibkan mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes) dengan ketat. Pelaksanaan upacara juga dilakukan secara singkat. Yakni pengibaran bendera merah putih, pembacaan Undang-undang Dasar dan pembacaan Do’a.

Selanjutnya, Bupati Kendal didampingi Wakil Bupati Kendal dan Forkopimda kembali ke Pendopo untuk mengikuti Upacara detik-detik Proklamasi melalui Virtual.

Adapun peserta upacara sangat terbatas yaitu 70 Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Kabupaten Kendal, 35 orang yang terbagi antara perwakilan TNI, Polri dan ASN, serta pelajar.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dalam amamat yang dibacakan Bupati Kendal, Dico M Ganinduto menegaskan, peringatan kemerdekaan tahun ini masih berlangsung di tengah pandemi Covid-19.

Oleh karena itu, pada kesempatan ini pemerintah memberikan penghormatan setinggi-tingginya kepada para tenaga kesehatan (Nakes) yang telah berjuang sebagai salah satu garda terdepan dalam penanganan Covid-19.

“Saat ini di Jawa Tengah, sekitar 5.400 anak kehilangan orang tuanya. Tidak ada lagi yang bisa dipanggil bapak, tidak ada lagi yang mereka panggil ibu. Selain itu, tidak ada yang ngasih uang jajan, apalagi ngajak liburan,” kata Gubernur.

Amanat Gubernur yang dibacakan Bupati juga mengatakan, bahwa proklamasi kemerdekaan, bukanlah ujung perjuangan. Untuk itu dirinya mengajak dengan semangat gotong royong masyarakat untuk saling melengkapi dalam menyiapkan segala hal.

“Mulai dari riset pengetahuan, meningkatkan kualitas laboratorium, membuat obat-obatan, reagen, vaksin, dan alat kesehatan secara mandiri dalam mengatasi pandemi Covid-19,” imbuhnya.(HS)

Share This

Upaya Mengenang, dan Mendoakan Jasa Pahlawan, Warga Gelar Malam Tirakatan

Meriahkan HUT RI, Pecinta Lingkungan Tanam Bakau Di Karangmalang Wetan Kendal