Pemkab Kendal dan Grab Sepakat Kembangkan Konsep Smart City

Kerja sama antara Pemkab Kendal dengan Grab, di Pendopo Tumenggung Bahurekso, Senin (22/3/2021).

 

HALO KENDAL – Sebagai aplikasi serba bisa terkemuka di Asia Tenggara, Grab menjalin kolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Kendal untuk mendukung program pengembangan Kendal Smart City.

Lingkup kerja sama ini akan mencakup pengembangan di bidang ekonomi, transportasi, pariwisata, pendidikan, dan kesehatan.

Richard Aditya, Director of West Indonesia, Grab Indonesia, Richard Aditya menjelaskan, tujuan Grab untuk memastikan masyarakat Kendal dapat menikmati manfaat dari ekonomi digital yang kian berkembang.

“Kami sangat senang dapat berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Kendal untuk mengembangkan konsep Smart City. Smart City tentunya membutuhkan berbagai layanan untuk meningkatkan kualitas hidup dan kenyamanan aktivitas kehidupan sehari-hari,” jelasnya kepada halosemarang.id, Selasa (30/3/2021).

Dengan memanfaatkan teknologi inklusif Grab, diharapkan masyarakat Kabupaten Kendal bisa terbantu dalam aspek mobilisasi yang efisien dan digitalisasi usaha.

“Hal ini, tentunya sejalan dengan misi GrabForGood untuk memastikan setiap masyarakat dapat ambil bagian dan menikmati manfaat dari ekonomi digital,” ujar Richard.

Di Kendal, Grab telah menghadirkan layanan GrabMart sejak tahun 2020 dan GrabKios sejak tahun 2017 untuk mendukung mitra, masyarakat, dan juga UMKM di tengah pandemi.

“Dengan GrabKios, mitra pengemudi GrabBike dan GrabCar juga bisa mendapatkan kesempatan pendapatan tambahan di tengah pandemi melalui berjualan berbagai produk digital dan keuangan kepada orang di sekitarnya,” imbuh Richard.

Grab juga telah menghadirkan layanan GrabProtect, armada khusus dengan perlindungan ekstra dan protokolkesehatan untuk memberikan pengalaman berkendara yang aman dan nyaman bagi mitra pengemudi dan penumpang.

“Kami harap kerja sama antara Grab dengan Pemerintah Kabupaten Kendal ini dapat terus memberikan dampak positif bagi masyarakat Kendal, termasuk menyediakan kesempatan lebih banyak bagi masyarakat Kendal untuk ambil bagian dalam ekonomi digital dan bersama #TerusUsaha,” tutup Richard.

Menanggapi kerja sama strategis ini, Bupati Kabupaten Kendal, Dico M Ganinduto menyampaikan apresiasi untuk Grab, dalam penandatanaganan kerja sama, Senin lalu (22/3/2021).

Dikatakan, Kabupaten Kendal memiliki program Smart City yang sedang menjadi salah satu fokus utama pembangunan Command Center dan Mal Pelayanan Publik berbasis digital.

“Selain itu, kami juga memberikan perhatian kepada lebih dari 4.000 pelaku UMKM lokal yang tersebar di tujuh kecamatan. Para UMKM ini telah memberikan lapangan pekerjaan bagi banyak orang. Karenanya, kami sangat berterima kasih kepada Grab atas komitmen yang ditunjukkan untuk Kabupaten Kendal melalui berbagai inovasi dan teknologi yang akan membawa dampak positif bagi seluruh lapisan masyarakat, baik melalui dukungan mobilitas masyarakat maupun bagi UMKM,” terangnya.

Dirinya percaya bahwa kerja sama ini dapat mempercepat pemulihan ekonomi di Kendal.

“Yang sejalan dengan visi dan misi Pemerintah Kabupaten Kendal untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang akuntabel dan berbasis elektronik, serta mendorong kemandirian ekonomi daerah dan berkembangnya ekonomi kreatif,” ungkapnya.

Dipaparkan, kerja sama antara Grab dan Pemerintah Kabupaten Kendal diwujudkan dalam program “Co-creation for a Smarter City” yang meliputi, dukungan untuk mobilitas masyarakat.

“Memperluas jangkauan layanan transportasi GrabCar dan GrabBike untuk memudahkan mobilitas masyarakat Kabupaten Kendal dengan menyediakan kemudahan pemesanan dengan layanan Concierge Web Booking, yang dibantu oleh Tim Petugas Grab di beberapa titik layanan publik, termasuk Kantor Bupati Kendal dan Masjid Agung Kendal,” paparnya.

Dijelaskan, kerja sama dukungan untuk pertumbuhan ekonomi dan UMKM di Kendal melalui kerja sama yang dijalin dengan Dinas UMKM Pemerintah Kabupaten Kendal dalam merangkul UMKM lokal untuk mendigitalisasi bisnis mereka melalui GrabFood, GrabMart, GrabKios.

“Selain itu, Grab juga membantu mitra UMKM Grab memperluas pasar mereka hingga ke sektor pemerintahan, melalui Portal Bela Pengadaan yang memungkinkan pemerintah Kabupaten Kendal memesan layanan mereka melalui portal ini,” paparnya.

Selanjutnya, dukungan Efisiensi Operasional Pemerintah dalam mendukung peningkatan efisiensi operasional pelaksanaan tugas Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Dengan menghadirkan layanan Grab untuk pemerintah melalui skema Grab for Business yang memudahkan perjalanan bisnis, pemesanan makanan, pemesanan dokumen dan barang dengan pengelolaan dari satu platform,” imbuh Dico.

Sedangkan, dukungan untuk sektor kesehatan dan pendidikan, yakni dengan memberikan i promosi layanan pengiriman hasil swab test dan obat dari fasilitas kesehatan ke rumah.

“Serta promosi pengiriman tugas dari para siswa di Kendal dari rumah ke sekolah untuk mendukung kegiatan belajar mengajar menggunakan GrabExpress,” ujarnya.

Yang terakhir, lanjut Dico, kerja sama dengan Grab adalah dukungan untuk pariwisata di Kendal.

“Mendukung pariwisata Kendal melalui kode promosi layanan transportasi khusus ke destinasi wisata, seperti alun-alun Kendal dan City Walk Kendal,” pungkasnya.(HS)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.