in

Pemkab Jepara Tunggu Serah Terima Aset Terminal Jepara

Terminal bus Jepara. (Sumber : jepara.go.id)

 

HALO JEPARA – Pemerintah Pusat akan membangun terminal angkutan umum tipe A, di Jalan Letjen Haryono, Kelurahan Jobokuto Kecamatan Jepara.

Terminal tipe C yang sebelumnya ada di lokasi itu, akan dinaikkan statusnya menjadi Terminal Jepara, sehingga akan menjadi tujuan bus antarkota antarprovinsi. (Akap).

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Jepara Trisno Santoso, mengatakan untuk keperluan itu, Pemerintah Pusat sudah menyiapkan dana sebesar Rp 30 miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2023.

Dengan naiknya status terminal dari tipe C menjadi tipe A, pengelolaannya pun akan diambil alih oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

“Melihat dari Detail Engineering Design (DED) Kemenhub, direncanakan pembangunan terminal Jepara menghabiskan anggaran Rp 30 miliar,” ujar Trisno Santoso, Senin (10/7/2023), seperti dirilis jepara.go.id.

Saat ini yang perlu dikerjakan, menurut dia adalah menyelesaikan proses penyerahan aset dari daerah ke pusat.

Setelah berkas berita acara pengalihan aset itu ditandatangani, dia berharap terminal itu bisa segera dibangun.

“Mari kita berdoa besama, agar proses segera berjalan dan terminal Jepara segera dibangun. Kami masih menunggu dari Kemenhub,” kata Trisno.

Sambil menunggu proses penyerahan aset termininal ke Kemenhub, Pemkab Jepara berencana akan memperbaiki jalan dalam terminal yang rusak terlebih dulu.

Meskipun, nanti kalau dikelola Kemenhub akan dibongkar secara total.

“Sambil menungu kita akan rencanakan perbaiki jalan dalam terminal yang rusak. Untuk memberi kenyamanan kepada angkutan umum,” kata Trisno.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Terminal, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Jepara, Nur Sahid menambahkan, proses DED sudah selesai di tingkat Kementerian. Tinggal menunggu proses serah terima saja.

“Pada 31 Agustus 2022, Pemkab sudah mengirimkan surat percepatan penyerahan aset,” katanya.

Rencananya Terminal Jepara akan ditingkatkan pula menjadi bangunan dua lantai. Potensi pelayanan terminal di Jepara menurutnya cukup memenuhi standar regulasi. Di mana ada sekitar 150 kendaraan antar kota antar provinsi (AKAP) maupun antar kota dalam provinsi (AKDP) di Jepara.

Hingga saat ini, terdapat lima terminal yang ada di Jepara. Semuanya masih tipe C, yakni di Welahan, Pecangaan, Jepara, Bangsri, dan Keling.

Selain Jepara kota, empat terminal lainnya juga bisa ada peningkatan dari yang semula sebagai terminal tipe C menjadi terminal tipe B. (HS-08).

DPRD Jepara Setujui Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2022

716 Warga di Kendal Terima Bantuan Atensi dari Kemensos RI