in

Pemkab Jepara Sambut Usulan Pemprov Jateng Bangun Terminal Tipe B

Foto : jepara.go.id

 

HALO JEPARA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara akan mengikuti rekomendasi dari Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Tengah, yang mengusulkan peningkatan salah satu terminal di Jepara, dari tipe C menjadi terminal tipe B.

Hal itu disampaikan Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta, di Ruang Command Center, pada Rabu, (10/5/2023), terkait Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) Provinsi Jawa Tengah, yang menyarankan adanya terminal tipe B di Kabupaten Jepara.

Menurut dia, transportasi merupakan penggerak roda pertumbuhan perekonomian, sekaligus bagian dari upaya meningkatkan dan memeratakan pembangunan.

Sementara itu di Jepara, saat ini terdapat lima terminal, yang semuanya masih tipe C, yakni di Welahan, Pecangaan, Jepara, Bangsri, dan Keling.

Karena itulah Pj Bupati Jepara, Edy Supriyanta menyambut baik rekomendasi Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Tengah, yang mengusulkan peningkatan salah satu terminal di Jepara, yang semula sebagai terminal tipe C menjadi terminal tipe B.

Dirinya juga menambahkan, jika dalam Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) dari provinsi menyarankan untuk dibangun tipe B, maka Pemkab Jepara akan mengikuti.

“Posisi saat ini, kami tidak ada merencanakan anggaran tipe B. Tapi kalau dari provinsi, kami sangat berterima kasih. Untuk terminal mana yang mau ditingkatkan statusnya, prinsip Pemkab Jepara ndherek mawon, misalnya Welahan atau Pecangaan. Nanti groundcheck di lapangan bersama-sama,” jelas Edy yang didampingi Kepala Dishub Jepara, Trisno Santoso.

Edy pun merinci bahwa saat ini, terdapat 114 operator Antarkota Dalam Provinsi dan 83 Antarkota Antarprovinsi.

“Catatan kami mudah mudahan sama, walaupun izin trayeknya diperbarui terus tapi operasionalnya tidak ada, nanti akan di cek oleh Dishub Jepara,” tambahnya.

Agung Pramono selaku Kepala Bidang Jaringan Transportasi dan Perkeretaapian Dishub Provinsi Jateng memaparkan bahwa di dalam RPJMD Provinsi Jawa Tengah tahun 2018-2023, Dishub Jawa tengah menargetkan ada 5 terminal tipe B di Jawa Tengah. Tujuannya, untuk mendukung pengembangan wilayah dan pertumbuhan ekonomi. Saat ini, baru terdapat satu yakni di wilayah di Kutoarjo.

“Terminal tidak hanya simbol transportasi juga sebagai simbol ekonomi. Harapan kami memang potensi di Jepara itu pariwisata karena ada Kawasan Strategis Pariwisata Provinsi di Karimunjawa. Ketika sektor perhubungan udara sudah ada Bandara Dewandaru, di perhubungan laut sudah ada tol laut yang singgah di Jepara, harapan kami sektor transportasi darat mungkin ada konektivitasnya dengan Karimunjawa. Entah itu dari terminal tipe B nantinya jadi simpul ke Karimunjawa yang bisa mengantarkan ke destinasi Karimunjawa,” jelas Agung. (HS-08)

Pemkab Jepara Petakan Potensi Pemanfaatan Tanah Menganggur

Caleg di Jepara Kini Cenderung Lirik Medsos