in

Pemkab Jepara Gandeng Bank Jateng Permudah Urus Dana Pensiun ASN

Acara pelepasan ASN yang purna tugas diselenggarakan di Ruang Rapat BKD Kabupaten Jepara, (3/5/2023).

HALO JEPARA – Pemerintah Kabupaten Jepara menggandeng Bank Jateng untuk memfasilitasi para pensiunan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Jepara, dalam mengajukan klaim dana pensiun bagi yang memasuki masa purna tugas atau pensiun.

Dalam rilis disebutkan, kerja sama tersebut mendapat apresiasi dari para pensiunan, karena dinilai akan mempermudah dalam pengurusan dana jaminan sosial hari tua.

Kolaborasi melibatkan Bank Jateng dengan tiga organisasi perangkat daerah (OPD) di jajaran Pemkab Jepara, yakni Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disukcapil), dan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD).

BKD bertugas melalukan verifikasi dan validasi kelengkapan administrasi pengajuan pensiun serta pengajuan pengusulan pensiun ke PT Taspen. BPKAD memberikan kemudahan untuk pengurusan tunjangan keluarga dan pengembalian kelebihan bayar tunjangan keluarga.

Sedangkan Dinas Dukcapil melayani pembuatan Kartu Keluarga (KK) dan KTP Elektronik (e-KTP) baru, termasuk pelayanan pembuatan Identitas Kependudukan Digitasl (IKD) atau versi digital dari e-KTP.

Terhitung mulai tanggal (TMT) 1 Mei 2023, terdapat sebanyak 43 ASN yang memasuki masa purna tugas. Mereka terdiri dari tiga pejabat struktural, 29 tenaga kependidikan, dua tenaga bidang kesehatan, dan sembilan tenaga fungsional umum.

Acara Pelepasan ASN purna tugas diselenggarakan di Ruang Rapat BKD Kabupaten Jepara, (3/5/2023) lalu, dengan ditandai penyerahan Surat Keputusan (SK) Pensiun dan Tabungan Hari Tua (THT) yang secara simbolis oleh Pj Bupati Jepara, Edy Supriyanta.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Jepara menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada para ASN yang memasuki purna tugas tersebut, karena selama bertugas telah mengabdi yang menunjukkan dedikasi tinggi untuk berkontribusi pada kemajuan dan keberhasilan pembangunan Jepara.

“Usia purna (tugas) bukan halangan untuk tetap mendukung program pembangunan pemerintah. Mohon untuk dapat membantu memberikan dukungan dengan memberikan pengertian dan pendidikan kesadaran politik menjelang pesta demokrasi Pemilu dan Pilkada tahun 2024 kepada masyarakat di lingkungan masing-masing,” ujar Edy Supriyanta.

Dalam kesempatan yang sama, Pemimpin Bank Jateng Cabang Jepara, Kurniawan Adji P menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemkab Jepara atas kepercayaan yang diberikan untuk berkolaborasi membuat terobosan klaim otomatis, dalam upaya mempermudah pensiunan mengurus dana pensiun dengan cepat, mudah, dan lengkap.

“Semoga Kolaborasi ini dapat dikembangkan lebih lanjut demi pelayanan yang mudah, cepat, dan nyaman bagi para pensiunan,” ungkapnya.

Sebelum acara inti, para pensiunan diberi paparan oleh Tenaga Pemasaran Bank Jateng Cabang Jepara, Gita Ayu Wulandari, tentang berbagai informasi terkait dengan seluk beluk layanan Bank Jateng dan berbagai fasilitas perbankan yang dapat diakses pensiunan.

Dijelaskan juga terkait yang harus dilakukan pensiunan seperti kegiatan enrolment (perekaman data Biometrik), otentikasi Taspen (kegiatan absensi setiap bulan) dan kelengkapan administrasi ke-Taspen-an.

“Bapak Ibu tidak perlu khawatir dan resah terkait perubahan status yang semula ASN menjadi pensiunan. Bank Jateng baik di kantor cabang atau capem akan selalu siap membantu yang membutuhkan bantuan maupun informasi setelah memasuki masa pensiun,” jelas Gita.

Sedangkan Kabid Mutasi BKD Jepara, Muhammad Zakaria Fajrie mengaku, paparan dari Bank Jateng selaras dengan program yang akan dilakukan Pemkab Jepara dalam upaya untuk terus menyapa dan memberikan bantuan peluang usaha bagi ASN yang telah memasuki masa pensiun.

“Kegiatan kewirausahaan para calon pensiunan di lingkungan Pemkab Jepara direncanakan akan diadakan pada Juli 2023 mendatang. Pesertanya calon pensiunan TMT Agustus – Desember 2023. Nanti Bank Jateng diundang sebagai narasumber,” ujarnya.(HS)

Selama Libur lebaran, Pengunjung Semarang Zoo Capai 60 Ribu Orang

Wakil Indonesia Kuasai Semifinal U-17 Putra di Polytron Superliga Junior 2023