in

Pemkab Demak Raih WTP 5 Kali Berturut-turut

Acara penyerahan penghargaan opini WTP dari Kementerian Keuangan kepada Pemkab Demak, di Gedung Grhadika Bina Praja, belum lama. (Foto : Demakkab.go.id)

 

HALO DEMAK – Bupati Demak dr Hj Eisti’anah SE mengungkapkan rasa syukur karena Pemkab Demak kembali menerima penghargaan opini WTP. Penghargaan Opini WTP diberikan Kementerian Keuangan di Gedung Grhadika Bina Praja, belum lama.

Menurut Bupati, dengan penghargaan itu berarti Pemkab Demak mampu membuktikan diri sebagai daerah yang berhasil baik dalam tata kelola pemerintahan. Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) Kabupaten Demak pun mendapat penilaian sangat tinggi.

Tata kelola pemerintahan dianggap berhasil, apabila dalam penilaian sejumlah indikator, menunjukkan hasil baik. Adapun yang dinilai adalah Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) yang dinilai oleh Kementerian Dalam Negeri; Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) yang dinilai oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi; serta Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD).

Jika tiga indikator tersebut mendapatkan hasil baik, maka itu merupakan indikasi bahwa sebuah daerah dianggap berhasil mengelola pemerintahan dengan baik.

”Kabupaten Demak mendapat nilai sangat tinggi dengan SAKIP, yang memperoleh nilai B.  juga mendapatkan Predikat kepatuhan tinggi terhadap standar pelayanan publik dari Ombudsman RI. Sedangkan untuk LKPD, Kabupaten Demak kembali meraih opini WTP untuk yang kelima kalinya. Ini merupakan hasil yang membanggakan,“ kata Bupati, seperti dirilis Demakkab.go.id.

Sementara itu Kepala KPPN Kudus Tipe A1, Budi Marsudiyoto menyampaikan yaitu yang pertama, laporan keuangan yang dikirimkan dan disusun oleh Pemerintah Kabupaten Demak sudah sesuai dengan standar Akuntansi Pemerintahan, yang kedua terdapat kecukupan pengucapan dari laporan tersebut, yang ketiga kepatuhan terhadap Perundang-undangan.

”Ini yang menjadi Penilaian Pemerintah Kabupaten Demak sehingga berhasil mendapatkan WTP,“ kata dia. (HS-08)

Share This

Dua Bek Tengah Inti MU Menepi

Penutupan TMMD, Bupati Pati Persilakan Pemdes Karangawen Bangun Desa Wisata