in

Pemkab Boyolali Terus Tingkatkan Produksi Susu

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Kabupaten Boyolali, Bambang Purwadi. (Foto : Boyolali.go.id)

 

HALO BOYOLALI – Pemkab Boyolali terus berupaya meningkatkan produksi susu sapi dari peternak di wilayahnya. Berbagai program dalam rangka meningkatkan jumlah sapi produktif pun dilakukan.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Kabupaten Boyolali, Bambang Purwadi, mengatakan pada kuartal terakhir 2020, dari sebanyak 33.285 ekor sapi perah dewasa betina, bisa dihasilkan 12.483.665 liter susu.

“Untuk rata-rata kuartal kemarin 2020 ini 12.483.000 liter. Sebetulnya ada tren peningkatan pada tahun 2021 ini. Kita sudah menghitung produksi susu, untuk triwulan pertama ini, sebanyak 12.534.000 liter,” kata Bambang Purwadi, seperti diirlis Boyolali.go.id.

“Kami juga membina pakan ternak di Boyolali, terkait kualitas dan mutu. Ada program Sikomandan. Ada juga inseminasi buatan gratis bagi peternak, untuk kawin suntik. Kalau biasa Rp 50.000-Rp 75.000 sekali kawin suntik. Sekarang program masih ada, untuk meningkatkan populasi sapi,” katanya.

Dia juga mengungkapkan, bahwa produksi susu sebagian besar dipasok ke industri pengolahan susu dengan harga per liter mencapai Rp 6.000.

“Produksi susu di Boyolali sebagian besar dipasok ke industri pengolahan susu. Ada di Salatiga dan sebagainya. Kalau yang dijual di warung ada namun persentasenya kecil,” ujarnya. (HS-08)

Share This

Bupati Said Ajak ASN Tumbuhkan Rasa Cinta Zakat

Sidak Pos PPKM Mikro Desa Gulang Kudus, Kapolda Jateng Minta Masyarakat Ikut Bertanggung Jawab