in

Pemkab Blora All Out Tampilkan Produk UMKM di Jakarta Convention Center

Bupati Blora, Arief Rohman melihat produk UMKM Blora, yang dipamerkan di Apkasi Otonomi Expo 2022, di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC) Senayan. (Foto : blorakab.go.id)

 

HALO BLORA – Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Pemkab Blora, serta Dekranasda all out menampilkan produk usaha mikro kecil dan menengah, dalam Apkasi Otonomi Expo 2022, di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Rabu (20/7/2022) hingga Jumat (22/7/2022).

Sejumlah produk, seperti kerajinan jati, kriya, batik, tekstil, aneka makanan kemasan, hingga yang paling khas adalah walang goreng, ditampilkan oleh Pemkab Blora. Juga sejumlah video potensi wisata dan UMKM lainnya, ditampilkan dalam layar televisi yang dipasang.

Bupati Blora, Arief Rohman, yang hadir dalam kegiatan itu, mengaku senang dan bangga, bisa melihat produk UMKM Blora tampil, di ajang pameran nasional. Apalagi ajang itu merupakan pameran UMKM terbesar se-Indonesia, diikuti seluruh kabupaten anggota Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi).

“Alhamdulillah, maturnuwun Apkasi yang telah memfasilitasi seluruh daerah untuk pameran produk UMKM. Sebenarnya ini menjadi momentum daerah untuk mempromosikan potensi daerahnya, dalam rangka pemulihan ekonomi pascapandemi. Tidak hanya pameran perdagangan produk UMKM saja, namun juga pariwisata dan investasi,” kata Bupati Blora, Arief Rohman.

Menurutnya, perekonomian dunia saat ini sedang dalam masa tidak baik. Karena itu UMKM perlu didorong agar lebih maju. Sesuai pesan Presiden RI Joko Widodo dan Mendagri M Tito Karnavian, setiap kepala daerah harus mempunyai spirit membangun UMKM.

“Pak Mendagri dalam sambutan pembukaan, menyampaikan bahwa kondisi ekonomi dunia sedang tidak baik-baik saja. Hanya UMKM yang bisa bertahan untuk menopang pertumbuhan ekonomi daerah. Oleh sebab itu, kita harus bangga dan membeli produk UMKM asli Blora. Untuk para Diaspora Blora, monggo kita larisi produk lokal kita, yang tidak kalah dengan daerah lain,” kata Bupati.

Selama pameran di JCC Senayan ini, Bupati Blora juga menyampaikan bahwa panitia pameran telah menyediakan e-katalog, berisi produk-produk UMKM Kabupaten Blora.

Dengan adanya e-katalog tersebut, pengunjung tidak hanya melihat produk yang ada di stand pameran, namun bisa scan barcode untuk memilih produk UMKM lainnya dan terhubung langsung dengan para perajin.

Lebih lanjut Bupati Blora mengatakan, phari pertama banyak pengunjung yang melirik produk UMKM Blora. Beberapa produk bahkan diborong para pejabat pusat, seperti Dirjen Dukcapil Kemendagri, Prof Dr Zudan Arif Fakrulloh SH MH, yang membeli satu set kerajinan kursi gembol jati khas Blora.

“Tidak hanya itu, Pak Wakil Mendagri, John Wempi Wetipo; Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo; Ketum Apkasi yang juga Bupati Dharmasraya, Sutan Rizka; Sekjen Apkasi yang juga Bupati Gowa Adnan Purichta; serta Bendahara Umum Apkasi, Ratu Tatu Chasanah (Bupati Serang), juga mampir di stand pameran Kabupaten Blora.

Yanik Mariana, salah satu perajin Batik tulis Blora yang produknya ikut dipamerkan dalam ajang Apkasi Otonomi Expo 2022, mengaku senang dan berharap produk kerajinan batik Blora, bisa semakin luas dikenal dengan ciri khas potensi alam serta seni budaya Blora.

“Beberapa kain batik saya ikut dipamerkan di JCC Senayan Jakarta. Bersama produk teman-teman lainnya. Maturnuwun Pak Bupati, Bunda Ain Ketua Dekranasda, dan dinas terkait yang telah memberikan ruang bagi kami pelaku UMKM untuk mengikuti pameran. Semoga UMKM Blora semakin naik kelas,” ucapnya.

Pameran dibuka Mendagri M. Tito Karnavian, ikut hadir Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Selain itu, juga sosok Menteri mantan Bupati dan mantan Gubernur yang dahulu menggagas pendirian Apkasi. Setidaknya ada 247 Kabupaten se -Indonesia yang ikut event nasional tersebut. (HS-08).

Gelar Rakor Pengelolaan Website OPD, Kadinkominfo Blora Minta Admin Website OPD Rajin Update Informasi

Pastikan Program Smart City Berhasil, Pemkab Rembang Susun Rencana Aksi