in

Pemkab Batang Susun RPJMD dan RPJPD untuk Lingkungan Strategis 20 Tahun ke Depan

Kick off Meeting dan Konsultasi Publik I Pembuatan dan Pelaksanaan KLHS RPJMD dan RPJPD yang digelar Dinas Lingkungan Hidup Batang, di aula kantor Bupati Batang, Selasa (19/9/2023). (Foto : Batangkab.go.id)

 

HALO BATANG –  Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Batang menggelar Kickoff Meeting dan Konsultasi Publik I Pembuatan dan Pelaksanaan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan Rencana pembangunan jangka panjang daerah (RPJPD) di Aula Bupati Batang, Selasa (19/9/2023).

Pj Sekda Kabupaten Batang, Ari Yudianto, mengatakan pada tahun 2022 RPJMD telah selesai dan Pemkab Batang diwajibkan untuk menyusun kembali ditambah RPJPD.

Dalam pembangunan jangka menengah dan panjang itu, harus didahului kajian lingkungan hidup untuk pembahasan lingkungan strategis selama 5 hingga 20 tahun.

“Saat ini Kabupaten Batang berkembang sangat pesat yang tidak kami duga yang didukung adanya kawasan industri terpadu batang inilah yang akan berdampak oleh lingkungan hidup,” kata dia, seperti dirilis batangkab.go.id.

Penyusunan RPJMD dan RPJPD, akan tetap memprioritaskan lingkungan hidup. Walaupun pembangunan tetap berlangsung, kelestarian lingkungan hidup harus tetap terjaga dan kawasan hijau harus dipertahankan.

Perubahan tata ruang terbesar, adanya kawasan industri, akan berfokus di sepanjang pantura mulai Kecamatan Kandeman, Tulis, Subah, Banyuputih, dan Gringsing.

Jadi pihaknya juga masih menyusun untuk RTRW menyesuaikan peraturan adanya kawasan industri dan penyangganya yang nantinya pasti akan lebih banyak perumahan.

“Supaya tidak semuanya dipakai perumahan makanya kami akan pertahankan juga kawasan hijau dan area persawahan yang ada di Kabupaten Batang,” ujarnya (HS-08)

Lakukan Verifikasi ODF 2023 di Batang, Tim Provinsi Jateng : Masih Ada Dua Adiknya

Efektifkan Jaringan, Napi dan Peserta PKBM di Batang Serentak ANBK