in

Pemkab Batang Siapkan 3 Bus untuk Mudik Gratis

Petugas mengecek kondisi bus-bus di Batang. (Foto : batangkab.go.id)

 

HALO BATANG – Kabupaten Batang mengirimkan tiga bus dengan kuota 150 orang, dalam program mudik gratis provinsi Jawa Tengah.

Program ini gratis untuk masyarakat yang akan berkumpul dan berlebaran bersama keluarga, khususnya di Kabupaten Batang.

Hal ini diungkapkan Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Batang Yustinus Gandi, di Kantor Dishub Batang, Kabupaten Batang, Senin (10/4/2023).

“Para pemudik pada hari Senin (17/4/2023) nantinya akan berkumpul di Taman Mini dan di sana sudah ada koordinator masing-masing daerah. Masing-masing kabupaten / kota mengirimkan armada sesuai kebutuhan,” kata dia, seperti dirilis batangkab.go.id.

Peserta mudik gratis, calon penumpang bisa mendaftar secara manual yang dikoordinasi oleh para koordinator lapangan (korlap) di Jakarta.

“Kami tidak menerima pendaftaran mudik gratis. Semua calon peserta bisa mendaftar bisa koordinasi dengan para korlap paguyuban di Jakarta,” terangnya.

Ia menerangkan, tiga bus untuk mudik gratis akan berangkat ke TMII dari Dishub Batang pada 16 April.

Sebelumnya tiga bus tersebut oleh Dishub dan Satlantas Polres Batang dilakukan pengecekan kelaikan.

“Dari hasil pengecekan kelaikan bus semuanya aman. tiap bus kapasitasnya sebanyak 50 orang agar para pemudik merasa nyaman. Mudik gratis ini diperuntukkan untuk orang perantauan asli Kabupaten Batang khususnya yang tidak mampu,” ujar dia.

32,75 Juta ke Jateng

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyebut kota yang menjadi tujuan pemudik terbanyak tahun 2023 adalah Jawa Tengah. Diperkirakan sebanyak 32,75 juta pemudik akan pulang ke Jateng.

Kemenhub juga menyebut moda transportasi yang paling banyak digunakan pemudik tahun ini adalah moda darat. Mereka diperkirakan akan menggunakan mobil dan motor pribadi.

Pemilihan moda transportasi didominasi moda darat yaitu 27,32 juta pemudik menggunakan mobil pribadi, 25,13 juta menggunakan sepeda motor. Sementara, sisanya menggunakan bus, kereta api antarkota hingga mobil sewa.

Sementara untuk moda transportasi umum, pemudik diperkirakan menjadikan bus dan kereta api sebagai pilihan utama.

Secara keseluruhan, masyarakat yang memilih transportasi umum mencapai 41,81% dari total pemudik, atau sejumlah 51,76 juta penduduk. (HS-08)

Pemkab Batang Berikan Bantuan pada Fakir Miskin dan Anak Yatim Piatu

Dinas Kesehatan Tutup Rumah Dinas Walikota Semarang sebagai Pusat Isolasi Pasien Covid-19